SINTIA PUTRI, (2025) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 8 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108101155_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108101155_2_bab1.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text
2108101155_6_bab5.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
2108101155_7_dafpus.pdf Download (286kB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti di kelas VIII SMP Negeri 8 Kota Cirebon. Terlihat dari kurangnya antusias siswa dalam pembelajaran, tidak bertanya kepada guru, tidak fokus pada saat pembelajaran sehingga tidak bisa menjawab ketika guru bertanya, serta pembelajaran dominan pada guru dan kurangnya penggunaan media pembelajaran terutama media pembelajaran berbasis teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan penerapan aplikasi quizizz pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (2) mengukur tingkat motivasi belajar siswa setelah penerapan media tersebut, (3) menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi quizizz terhadap motivasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain One Shot Case Study. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa kelas VIII/8 SMPN 8 Kota Cirebon, yang ditentukan melalui teknik random sampling. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, angket berbasis skala Likert, dan dokumentasi. Instrumen penelitian telah diuji validitas dan reliabilitasnya melalui analisis korelasi Pearson Product Moment, Koefesien determinasi, dan uji statistic Independent sampel t-test dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan aplikasi quizizz berada dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 4,38 (87,6%), sedangkan motivasi belajar siswa juga berada dalam kategori sangat baik dengan rata-rata skor 4,45 (89%). Nilai korelasi sebesar 0,713 menunjukkan hubungan yang Baik antara aplikasi quizizz dan motivasi belajar siswa, dengan kontribusi sebesar 50,8% sebagaimana ditunjukkan oleh koefisien determinasi. Uji-t menunjukkan bahwa t_hitung (5,377) > t_tabel (2.048), sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan aplikasi quizizz terhadap motivasi belajarsiswa. Dengan demikian, aplikasi quizizz terbukti efektif terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi Quizizz, motivasi belajar siswa, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 01:49 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 01:49 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16967 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |