Ahmad Shobar Shubhi, (2025) Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kitab Al-Barzanji dan Relevansinya dengan Penanaman Sikap Keagamaan Remaja Masjid Darussalam Desa Astanajapura. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Agama Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108101187_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108101187_2_bab1.pdf Download (278kB) |
![]() |
Text
2108101187_6_bab5.pdf Download (132kB) |
![]() |
Text
2108101187_7_dafpus.pdf Download (221kB) |
Abstract
Berdasarkan fakta di lapangan yang ditemukan oleh peneliti bahwa di Masjid Darussalam, pembacaan Kitab Al-Barzanji menjadi bagian dari tradisi keagamaan yang rutin dilakukan, terutama pada rutinan malam Jum’at (marhabanan) atau acara maulid Nabi dan kegiatan keagamaan lainnya. Namun, dalam praktiknya, efektivitas pembacaan Kitab Al-Barzanji dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan pada remaja belum sepenuhnya optimal. Fenomena ini dapat dilihat dari masih adanya remaja yang kurang memahami makna dan relevansi isi Kitab Al-Barzanji dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan Untuk 1). Mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kitab Al�Barzanji, 2). Mendeskripsikan sikap keagamaan remaja masjid darussalam desa Astanajapura, 3). Mendeskripsikan relevansi program pembacaan kitab Al-Barzanji dalam penanaman sikap keagamaan remaja masjid darussalam desa Astanajapura. Jenis penelitian ini menggunakan penelian kualitatif dengan metode deskriptif analitis dengan pendekatan dua model penelitian yaitu dengan menggunakan library research dan field research. Sumber data primer diambil dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk sumber data sekunder diambil dari catatan, buku�buku sebagai teori, jurnal serta objek yang berkaitan dengan kajian yang diteliti. Subjek penelitian ini terdiri dari remaja, ketua dewan kemakmuran masjid (DKM) dan pembina remaja. Teknik analisisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dengan membandingkan informasi atau data yang diperoleh dari berbagai sumber yang berbeda, tetapi terkait dengan topik atau fenomena yang sama. Berdasarkan hasil penelitian bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yaitu mencakup aspek akidah, akhlak dan ibadah. Remaja Masjid Darussalam Desa Astanajapura menunjukkan sikap keagamaan yang cukup baik. Mereka melaksanakan ibadah wajib dengan komitmen, aktif dalam kegiatan keagamaan, serta antusias dalam belajar dan memperdalam ajaran Islam. Program pembacaan Kitab Al-Barzanji di Masjid Darussalam memiliki relevansi dalam mendukung penanaman sikap keagamaan remaja melalui nilai-nilai akidah, akhlak, dan ibadah yang terkandung di dalamnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Pendidikan Islam, Sikap Keagamaan, Al-Barzanji, Remaja |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 02:03 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 02:03 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16972 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |