Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Learning Terhadap Peningkatkan Kemamapuan Menyimak Siswa

Shinta Halia Kafsyah, (2025) Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Learning Terhadap Peningkatkan Kemamapuan Menyimak Siswa. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.

[img] Text
2008107088_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008107088_2_bab1.pdf

Download (359kB)
[img] Text
2008107088_6_bab5.pdf

Download (337kB)
[img] Text
2008107088_7_dafpus.pdf

Download (463kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menyimak siswa dalam proses pembelajaran serta kurangnya fokus siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti berupaya memberikan solusi dengan mengembangkan media video pembelajaran berbasis pembelajaran kontekstual guna peningkatkan keterampilan menyimak siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk : (1) mengkaji pengembangan media video pembelajaran berbasis pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa, (2) menilai kelayakan media video pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menyimak siswa, dan (3) mengevaluasi keefektifan media video pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan menyimak siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang mencakup lima tahap, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari angket lembar validasi ahli dan tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 3 SD, dengan sampel sebanyak 23 siswa yang dipilih melalui teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validasi ahli dan uji keefektifan menggunakan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat layak dan efektif dalam meningkatkan kemampuan menyimak siswa. Hal ini terlihat dari hasil validasi media pertama dengan persentase 93,3% (kategori sangat layak), validasi media kedua dengan persentase 93,3% (kategori sangat layak), validasi ahli bahasa dengan persentase 96,4% (kategori sangat layak), dan validasi ahli materi dengan persentase 97,9% (kategori sangat layak). Keefektifan media video pembelajaran ditunjukkan melalui perbandingan skor pretest dan posttest yang menunjukkan peningkatan skor sebesar 0,83 (kategori peningkatan tinggi), serta nilai N-Gain sebesar 83,8% (kriteria efektif).

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Media video pembelajaran, Keterampilan menyimak siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:30
Last Modified: 14 Aug 2025 03:30
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16988

Actions (login required)

View Item View Item