Lisnawati, (2025) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa MI An-Nur Kota Cirebon Ditinjau Dari Level Disposisi Matematis Siswa. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.
![]() |
Text
2108107014_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108107014_2_bab1.pdf Download (942kB) |
![]() |
Text
2108107014_6_bab5.pdf Download (772kB) |
![]() |
Text
2108107014_7_dafpus.pdf Download (846kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kemampuan berpikir kritis matematis siswa MI An-Nur Kota Cirebon ditinjau dari level disposisi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Jumlah subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ada Sembilan subjek, tiga subjek dengan disposisi matematis level tinggi, tiga subjek dengan disposisi matematis level sedang dan tiga subjek dengan disposisi matematis level rendah. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes uraian, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil angket digunakan untuk mengelompokkan disposisi matematis siswa. Hasil tes dan wawancara untuk kemampuan berpikir, kemudian dianalisis ditinjau dari level disposisi matematis siswa. Hasil Dokumentasi itu sebagai pelengkap penelitian seperti foto atau gambar hasil tes siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah tiga subjek penelitian dengam disposisi matematis level tinggi memiliki kemampuan berpikir kemampuan yang berbeda. Subjek FAA dan FA mampu memenuhi 3 dari 4 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu menginterpretasi, menganalisis, dan menginferensi. Sedangkan AF mampu memenuhi 2 dari 4 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu menginterpretasi dan menginferensi. Tiga subjek penelitian dengan disposisi matematis level sedang memiliki kemampuan yang berbeda. Subjek RMA mampu memenuhi 2 dari 4 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu menginterpretasi dan menganalisis. Subjek NK mampu memenuhi 1 dari 4 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu menginterpretasi. Sedangkan subjek ZR mampu memenuhi 2 dari 4 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu menginterpretasi dan menginferensi. Tiga subjek penelitian dengan disposisi matematis level rendah memiliki kemampuan yang berbeda. Subjek KP mampu memenuhi 1 dari 4 indikator kemampuan berpikir kritis yaitu menginterpretasi. Sedangkan subjek AS dan FAF tidak mampu memenuhi indikator kemampuan berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berpikir Kritis, Berpikir Kritis, Disposisi Matematis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:38 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:38 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/16994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |