REGITA KINASIH, (2025) Peran guru dalam Pemanfaatan Media Digital Sebagai Alat Pembelajaran Berbasis Teknologi Di RA Aisyiyah Kota Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Raudhatul Athfal UIN SSC.
![]() |
Text
2108108035_1_cover.pdf Download (573kB) |
![]() |
Text
2108108035_2_bab1.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
2108108035_6_bab5.pdf Download (30kB) |
![]() |
Text
2108108035_7_dafpus.pdf Download (261kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi mengubah lanskap pendidikan anak usia dini, memperkenalkan media berbasis teknologi sebagai alat bantu pembelajaran. Teknologi ini mencakup aplikasi edugame, vidio pembelajaran, vidio animasi menawarkan potensi besar dalam menstimulasi kognisi, kreativitas, dan literasi digital anak. mendukung pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Namun, pemanfaatannya juga dihadapkan pada tantangan serius, termasuk risiko konten tidak sesua. Oleh karena itu, diperlukan implementasi teknologi di PAUD. Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai peran guru dalam memanfaatkan media digital sebagai media pembelajaran di pendidikan anak usia dini. Selanjutnta untuk menggali informasi mengenai penggunaan media digital sebagai alat pembelajaran berbasis teknologi, untuk menggali informasi mengenai faktor penghambat dan pendukung dalam memanfaatkan media digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan deskriptif kualitatif. Adapun sebagai subjeknya adalah Guru, kepala sekolah, anak didik di RA Aisyiyah. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang digunakan di RA Aisyiyah yaitu tablet yang didalamnya berisi aplikasi enuma yang sudah berisi game pembelajaran interaktif seperti kosa kata, menulis, berhitung. Media lainnya seperti Laptop, komputer, Proyektor,Soundsystem,aplikasi digital lainnya seperti aplikasi youtube, vidio animasi. Guru menyiapkan tablet yang sudah terinstal aplikasi enuma lalu Anak murid menggunakan tablet secara bergilir atau berkelompok 3 anak untuk 1 tablet yang digunakan disekolah ada 7 Tablet yang disediakan, 1 kelas berisi 15 anak biasanya menggunakan tablet itu 1 minggu 1 kali sesuai tema yang guru berikan, untuk laptop guru menggunakan saat menyampaikan materi misalnya temanya tentang keislaman jadi anak menonton youtube tentang keislaman. Peran guru sangat penting dalam mendukung keberhasilan penggunaan media digital. Guru tidak hanya bertindak sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai fasilitator, pembimbing, pelatih, model,dan motivator dalam menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Guru, Media Digtal, Pemanfaatan. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:37 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17029 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |