Mar’atush Sholiha, (2025) Pengembangan Media Pop Up Book Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa Pada Mata Pelajaran Ipas Sekolah Dasar. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.
![]() |
Text
2108107092_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108107092_2_bab1.pdf Download (342kB) |
![]() |
Text
2108107092_6_bab5.pdf Download (209kB) |
![]() |
Text
2108107092_7_dafpus.pdf Download (218kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa pop-up book digital guna meningkatkan kemampuan komunikasi siswa sekolah dasar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Kemampuan komunikasi menjadi salah satu keterampilan abad ke-21 yang penting untuk ditanamkan sejak dini, karena berkaitan langsung dengan kepercayaan diri dan kemampuan berkomunikasi siswa. Pop-up book digital dipilih karena memiliki keunggulan visual, audio, dan animasi yang dapat merangsang minat belajar siswa serta memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengembangan media dilakukan dengan menggunakan aplikasi PowerPoint dan Canva, serta divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Implementasi media dilakukan di SDN Dukuh Semar 1 Kota Cirebon dengan melibatkan siswa kelas IV sebagai subjek penelitian. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pop-up book digital dinyatakan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan persentase kelayakan antara 78% hingga 87% dari ketiga validator. Media ini tidak hanya memenuhi aspek tampilan dan isi, tetapi juga mendorong siswa untuk lebih aktif dalam mengutarakan pendapat serta menyampaikan materi secara lisan. Peningkatan kemampuan komunikasi siswa juga ditunjukkan melalui hasil uji Wilcoxon dan uji N-Gain. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest. Sementara itu, uji N-Gain menunjukkan rata-rata peningkatan sebesar 0,77 atau 77,28% yang termasuk dalam kategori tinggi dan efektif. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media pop-up book digital memberikan dampak positif dalam mengembangkan keterampilan komunikasi siswa.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Pop up Book Digital, komunikasi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:43 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:43 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |