PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI POWTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI TEKS PROSEDUR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TALUN

LUTFIYAH, (2025) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI POWTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI TEKS PROSEDUR SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 TALUN. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Raudhatul Athfal UIN SSC.

[img] Text
2108110055_1_cover.pdf

Download (674kB)
[img] Text
2108110055_2_bab1.pdf

Download (150kB)
[img] Text
2108110055_6_bab5.pdf

Download (66kB)
[img] Text
2108110055_7_dafpus.pdf

Download (254kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman siswa kelas IX SMP Negeri 1 Talun terhadap materi teks prosedur serta masih dominannya metode pembelajaran konvensional yang digunakan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman siswa dan mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi berbasis PowToon sesuai dengan kebutuhan siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model ADDIE yang dibatasi pada tahap analisis, desain, dan pengembangan. Teknik pengumpulan data meliputi dokumentasi, observasi, serta validasi oleh ahli media dan ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan memahami struktur dan langkah-langkah dalam teks prosedur. Media video animasi yang dikembangkan telah divalidasi dengan persentase kelayakan 90% dari ahli media dan 83% dari ahli materi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media ini layak digunakan dalam pembelajaran untuk membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi teks prosedur.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Video Animasi, Powtoon, Media Pembelajaran, Teks Prosedur, Pengembangan Media.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 8. Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:48
Last Modified: 14 Aug 2025 04:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17037

Actions (login required)

View Item View Item