Annisa Thalia Abdullah, (2025) Pengembangan Media Komik Strips Berbasis Digital Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.
![]() |
Text
2108107097_1_cover.pdf Download (800kB) |
![]() |
Text
2108107097_2_bab1.pdf Download (387kB) |
![]() |
Text
2108107097_6_bab5.pdf Download (266kB) |
![]() |
Text
2108107097_7_dafpus.pdf Download (259kB) |
Abstract
Terkadang tidak semua peserta didik dapat cepat memahami materi yang dipelajari dan juga kurang ditingkatkan kemampuan berpikir kritis mereka karena kendala pembelajaran yang belum sistematis. Artinya, pembelajaran yang dilaksanakan masih kurang memuaskan, karena sarananya juga terbatas dan seringnya mati lampu secara tiba-tiba. Selain itu, mereka merasa mudah bosan jika menggunakan media pembelajaran yang sama secara terus-menerus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kemampuan berpikir kritis untuk menganalisis peserta didik di kelas V/A MIN Kota Cirebon. Teori ini digunakan untuk menjelaskan seberapa efektif penggunaan media komik strips pada pembelajaran bahasa indonesia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik serta memberikan kerangka acuan dalam menganalisis data. Indikator peningkatan mencakup (1) menafsirkan masalah (interpretation), (2) analisis (analysis), (3) evaluasi (evaluation) dan (4) inferensi (inference). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui desain yang digunakan dalam pengembangan media komik strips berbasis digital pada pembelajaran bahasa indonesia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, (2) untuk mengetahui kelayakan media komik strips berbasis digital pada pembelajaran bahasa indonesia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, (3) untuk mengetahui efektivitas media komik strips berbasis digital pada pembelajaran bahasa indonesia untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan yakni RnD (Research and Development). Terdapat lima tahap pengembangan pada metode RnD berdasarkan pada model ADDIE yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan tes. sedangkan untuk teknik analisis datanya menggunakan uji deskriptif, uji normalitas, uji t sampel berpasangan dan uji NGain. Hasil dari uji validasi menunjukkan bahwasannya media komik strips berbasis digital pada uji validasi ahli media sebesar 80% dengan kategori layak, pada uji validasi ahli bahasa sebesar 94% dengan kategori sangat layak dan pada uji validasi ahli materi sebesar 94% dengan kategori sangat layak. Selain itu, media komik strips berbasis digital pada pembelejaran bahasa indonesia juga terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui uji NGain dengan rata-rata skor yang didapatkan sebesar 0,87 dan rata-rata persen yang didapatkan sebesar 87,48.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Media Pembelajaran, Media Komik Strips, Berbasis Digital, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:49 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:49 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17038 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |