Liza Afifah Amaliah, (2025) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Di Kelas V Sekolah Dasar. Bachelor thesis, S1 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN SSC.
![]() |
Text
2108107108_1_cover.pdf Download (919kB) |
![]() |
Text
2108107108_2_bab1.pdf Download (319kB) |
![]() |
Text
2108107108_6_bab5.pdf Download (291kB) |
![]() |
Text
2108107108_7_dafpus.pdf Download (295kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi di era abad ke- 21 menuntut integrasi media pembelajaran inovatif dalam pendidikan, khususnya untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Kondisi di SD Negeri Galunggung menunjukkan rendahnya penggunaan teknologi dan keterampilan membaca siswa, sehingga diperlukan solusi yang relevan dan interaktif dan menarik. Penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) menawarkan potensi besar dalam pendidikan dengan menghadirkan pengalaman belajar yang imersif dan menarik. AR mampu memperkuat pemahaman konsep abstrak, meningkatkan motivasi belajar, serta mendukung keterampilan literasi digital siswa. Kemampuan membaca pemahaman merupakan keterampilan penting yang mencakup memahami ide pokok, informasi penting, membuat kesimpulan, hingga mengevaluasi isi teks. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan media pembelajaran berbasis Augmented Reality untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD Negeri Galunggung; (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Augmented Reality yang dikembangkan; (3) Menilai efektivitas media tersebut dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V Sekolah Dasar pada materi “Keberagaman Budaya Indonesia” Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Desain penelitian ini menggunakan desain One Group Pretest Posttest dengan teknik pengumpulan data yaitu lembar validasi, lembar pretest-posttest, dan lembar angket. objek penelitian terdiri dari 22 siswa kelas VA SD Negeri Galunggung. Media dikembangkan menggunakan aplikasi Canva dan Assembler Edu untuk menciptakan buku bacaan digital berbasis AR yang memuat konten visual, audio, dan objek 3D terkait keberagaman budaya Indonesia. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai validasi oleh ahli media sebesar 94,45 , ahli bahasa sebesar 91,67, dan ahli materi sebesar 96,43 dengan hasil menunjukkan bahwa media tergolong sangat layak digunakan. Uji efektivitas dilakukan melalui pretest dan posttest terhadap 22 siswa kelas VA di SD Negeri Galunggung. Hasil analisis menggunakan uji N-Gain sebesar 0,77 menunjukkan peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, media pembelajaran, membaca pemahaman. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 7. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 06:16 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 06:16 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17040 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |