Manajemen Konflik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Bina Cendekia Mertapadawetan Kabupaten Cirebon

Muhammmad Makhrus Ali, (2025) Manajemen Konflik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di MTs Bina Cendekia Mertapadawetan Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam UIN SSC.

[img] Text
2008109028_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008109028_2_bab1.pdf

Download (494kB)
[img] Text
2008109028_6_bab5.pdf

Download (180kB)
[img] Text
2008109028_7_dafpus.pdf

Download (380kB)

Abstract

Implementasi kurikulum merdeka di MTs Bina Cendekia Mertapadawetan Kabupaten Cirebon menghadapi berbagai kendala, seperti keterbatasan sumber daya, perbedaan kompetensi tenaga pendidik, serta resistensi terhadap perubahan. Kondisi ini memicu terjadinya konflik antar individu dan struktur organisasi yang berdampak pada proses pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan strategi manajemen konflik yang tepat untuk memastikan keberhasilan pelaksanaan kurikulum tersebut. Penelitian ini bertujuan mengetahui bentuk manajemen konflik, menilai efektivitasnya, serta mengidentifikasi hambatan dalam implementasi kurikulum merdeka. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menerapkan metode deskriptif analisis. Dalam penerapan manajemen konflik di MTs Bina Cendekia Mertapadawetan Kabupaten Cirebon ada beberapa faktor penyebab dari timbulnya konflik yaitu keterbatasan sumber daya, komunikasi dan perbedaan individu. Hasil penelitian penulis lakukan menunjukkan bahwa bentuk manajemen konflik dalam implementasi kurikulum merdeka di MTs Bina Cendekia Mertapadawetan Kabupaten Cirebon cenderung menggunakan teknik sebagai menghindar, kompromi, kolaborasi dan mediasi. Manajemen konflik yang diterapkan terbukti efektif dalam meminimalkan hambatan implementasi kurikulum merdeka. Faktor penghambat meliputi resistensi terhadap perubahan, keterbatasan fasilitas seperti handphone dan ruang lab, adanya siswa yang masih tertinggal perihal kognitif, proses penyesuaian yang lama.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Manajemen Konflik, Kurikulum Merdeka
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 15 Aug 2025 06:58
Last Modified: 15 Aug 2025 06:58
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17049

Actions (login required)

View Item View Item