Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Babakan Kabupaten Ciebon

Arika Yanto, (2025) Implementasi Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Babakan Kabupaten Ciebon. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam UIN SSC.

[img] Text
2108109003_1_cover.pdf

Download (755kB)
[img] Text
2108109003_2_bab1.pdf

Download (345kB)
[img] Text
2108109003_6_bab5.pdf

Download (302kB)
[img] Text
2108109003_7_dafpus.pdf

Download (320kB)

Abstract

Manajemen kurikulum memegang peran penting dalam menunjang keberhasilan pembelajaran dan pencapaian mutu pendidikan. Kurikulum Merdeka Belajar bertujuan memberikan keleluasaan bagi siswa dan guru dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan potensi masing-masing. Namun, di SMA Negeri 1 Babakan ditemukan beberapa kendala, seperti rendahnya inisiatif dan minat siswa dalam mengeksplorasi materi secara mandiri serta perlunya strategi pengelolaan kurikulum yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses implementasi manajemen Kurikulum Merdeka, (2) strategi dan solusi peningkatan motivasi belajar siswa melalui manajemen kurikulum, (3) hasil dari proses implementasi, startegi, dan solusi yang diterapkan, serta (4) faktor pendukung dan penghambat dalam implementasinya. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Babakan sudah sesuai tahapan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Strategi utama dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah penguatan peran guru sebagai fasilitator kreatif, pemanfaatan teknologi, media pembelajaran variatif, dan penyesuaian metode mengajar sesuai gaya belajar siswa. Hasil dari proses implementasi kurikulum, strategi serta solusi yang diterapkan berdampak positif bagi sekolah, siswa, maupun guru. Adapun hambatan yang dihadapi meliputi keterbatasan fasilitas teknologi, kurangnya akses Wi- Fi, dan kebijakan zonasi yang berdampak pada kualitas sumber daya guru.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Manajemen Kurikulum Merdeka, Motivasi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 15 Aug 2025 07:07
Last Modified: 15 Aug 2025 07:07
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17055

Actions (login required)

View Item View Item