RACHMATIKA ANA RIANA, (2025) IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5): DAMPAK PADA EFEKTIVITAS BELAJAR SISWA SMPN 12 KOTA CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108109114_1_cover.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
2108109114_2_bab1.pdf Download (386kB) |
![]() |
Text
2108109114_6_bab5.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
2108109114_7_dafpus.pdf Download (284kB) |
Abstract
Munculnya pandemi COVID-19 memberikan dampak terhadap kurikulum termasuk di SMPN 12 Kota Cirebon hal tersebut membuat adanya kebijakan baru dengan mengeluarkan kurikulum darurat. Kurikulum yang diterapkan selama pandemi merupakan perubahan dari kurikulum merdeka yang didalamnya terdapat kegiatan baru yaitu projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi, tantangan dan faktor pendukung, dampak terhadap efektivitas belajar, serta evaluasi pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka di SMPN 12 Kota Cirebon. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif atau penelitian lapangan yang bersifat deskriptif cenderung menggunakan analisis. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Prosedur analisis data melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data atau penyajian data, dan penarikan simpulan & verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SMPN 12 melalui beberapa tahapan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi siswa. P5 di SMPN 12 Kota Cirebon menghadapi tantangan adaptasi dan penyamaan persepsi, namun berhasil dijalankan berkat kolaborasi kuat, sikap terbuka, serta dukungan sumber daya manusia dan sarana prasarana yang memadai. Kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap peningkatan semangat belajar, kemandirian, kemampuan kerja sama, serta sikap tanggung jawab siswa. Penilaian yang bersifat deskriptif mendorong siswa lebih fokus pada proses pembelajaran daripada hanya mengejar hasil akhir. Meskipun demikian, masih terdapat kekurangan oleh karena itu, diperlukan strategi penguatan berkelanjutan dan keterlibatan seluruh elemen sekolah agar P5 dapat berjalan secara optimal dan memberikan dampak jangka panjang terhadap karakter dan efektivitas belajar siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | P5, Kurikulum Merdeka, Belajar. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 07:40 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 07:40 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17074 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |