Manajemen Pemasaran untuk Meningkatkan Prestise di Madrasah Diniyah (MD) Fadhiah Abdul Ghani Desa Cigedog Kersana Brebes

HERNI FEBRIANI, (2025) Manajemen Pemasaran untuk Meningkatkan Prestise di Madrasah Diniyah (MD) Fadhiah Abdul Ghani Desa Cigedog Kersana Brebes. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam UIN SSC.

[img] Text
2108109098_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2108109098_2_bab1.pdf

Download (380kB)
[img] Text
2108109098_6_bab5.pdf

Download (273kB)
[img] Text
2108109098_7_dafpus.pdf

Download (294kB)

Abstract

Dalam era kemajuan teknologi dan akses informasi yang semakin mudah, lembaga pendidikan, termasuk MD Fadhilah Abdul Ghani, perlu memanfaatkan platform digital untuk mempromosikan kegiatan dan prestasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Untuk mengetahui Prestise lembaga di Madrasah Diniyah Fadhilah Abdul Ghani. 2. untuk mengetahui upaya pemasaran pendidikan yang diterapkan untuk meningkatkan Prestise di mata masyarakat; dan 3.untuk mengetahui hasil dari upaya pemasaran pendidikan yang dilakukan oleh kepala madrasah. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, melibatkan wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Prestise madrasah dibangun melalui kepemimpinan visioner dan interaksi langsung dengan masyarakat; 2. upaya pemasaran meliputi kunjungan rumah, partisipasi dalam pengajian, dan muatan lokal seperti tahlil, yang berhasil meningkatkan pengenalan madrasah dan dukungan masyarakat; dan 3.Hasil dari upaya pemasaran berhasil meningkatkan pengenalan madrasah melalui mulut ke mulut keterliibatan aktif Kepala Madrasah dan guru. tantangan yang dihadapi adalah rendahnya kesadaran orang tua tentang pendidikan agama dan pemanfaatan media sosial yang belum optimal.Diperlukan peningkatan strategi pemasaran digital dan keterlibatan masyarakat untuk memperkuat Prestise lembaga. Keberhasilan terlihat dari peningkatan jumlah santri dan dukungan masyarakat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa manajemen pemasaran yang efektif dapat memperkuat Prestise madrasah dan menarik lebih banyak calon siswa, dengan kolaborasi antara kepala madrasah, guru, dan masyarakat sebagai kunci utama.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pemasaran, Prestise
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Aug 2025 08:11
Last Modified: 15 Aug 2025 08:11
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17091

Actions (login required)

View Item View Item