Gizka Amalia Putri, (2025) Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Upaya Meningkatkan Minat Calon Peserta Didik di Sekolah Menengah Kejuruan Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108109062_1_cover.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
2108109062_2_bab1.pdf Download (373kB) |
![]() |
Text
2108109062_6_bab5.pdf Download (309kB) |
![]() |
Text
2108109062_7_dafpus.pdf Download (255kB) |
Abstract
Di era persaingan yang semakin ketat antar lembaga pendidikan, serta meningkatnya preferensi masyarakat terhadap sekolah negeri membuat lembaga pendidikan swasta dituntut untuk melakukan pemasaran yang lebih intens guna menarik minat calon peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses manajemen pemasaran pendidikan dalam upaya meningkatkan minat calon peserta didik di sekolah menengah kejuruan Al-Hikmah Curug Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pemasaran pendidikan di SMK Al-Hikmah Curug dilakukan melalui 3 tahap utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan. Pada tahap perencanaan, sekolah mengidentifikasi kebutuhan pasar, menetapkan segmentasi pasar, serta merancang program unggulan. Dalam tahap pelaksanaan, sekolah menerapkan 3 cara yakni pemasaran internal, eksternal, dan interaktif untuk menjangkau target sasaran serta menerapkan strategi bauran pemasaran yang mencakup 7 unsur yakni produk, harga, tempat, promosi, sumber daya manusia, proses, dan sarana fisik. Sementara itu, pada tahap pengawasan dilakukan secara berkala untuk menilai efektivitas strategi pemasaran serta menyesuaikan dengan tren pendidikan saat ini. Keberhasilan pemasaran pendidikan yang dilakukan oleh SMK Al- Hikmah Curug didukung oleh beberapa faktor yaitu dukungan yang kuat dari panitia PPDB yang profesional, strategi pemasaran yang efektif, program unggulan, program beasiswa, dan keterlibatan alumni sehingga yang menjadi kendala dalam proses pemasaran dapat diatasi dengan baik. Dengan penerapan manajemen pemasaran yang optimal, sekolah berhasil meningkatkan jumlah peserta didik setiap tahunnya.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pemasaran pendidikan, Minat, Calon Peserta Didik |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 08:22 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 08:22 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17098 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |