DEDE SARAH, (2025) Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) Sabah Malaysia. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108109089_1_cover.pdf Download (783kB) |
![]() |
Text
2108109089_2_bab1.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
2108109089_6_bab5.pdf Download (253kB) |
![]() |
Text
2108109089_7_dafpus.pdf Download (202kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kepemimpinan Kepala Sekolah SIKK (Sekolah Indonesia Kota Kinabalu)SIKK Sabah Malaysia, dalam meningkatkan mutu pendidikan. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengungkap bahwa SIKK telah berhasil mengimplementasikan model kepemimpinan transformatif yang efektif menghasilkan prestasi akademik yang gemilang dan lingkungan belajar yang inklusif terbukti dari prestasi siswa yang membanggakan baik di tingkat nasional maupun internasional. Strategi kepemimpinan yang diterapkan SIKK meliputi perencanaan yang matang, pemanfaatan sumber daya secara optimal, dan kolaborasi yang kuat antar semua pemangku kepentingan. Pendekatan SWOT dan pembentukan divisi khusus menjadi kunci dalam mengelola operasional sekolah secara efektif. Kepemimpinan berbasis data, kolaborasi antar tim, dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan menjadi pilar utama yang menjaga kesinambungan pendidikan di SIKK. Kualitas guru yang unggul, didukung oleh program pengembangan profesional yang berkelanjutan, menjadi salah satu faktor kunci keberhasilan SIKK. Selain itu, kolaborasi yang erat dengan berbagai pihak, seperti pemerintah, lembaga pendidikan, dan komunitas, telah memperkaya program-program sekolah dan membuka peluang bagi siswa untuk mengembangkan potensi mereka secara maksimal dalam meningkatkan mutu pendidikan. SIKK telah berhasil menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan inovatif, di mana semua siswa memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang. Sekolah ini telah berhasil menciptakan budaya yang menghargai perbedaan dan mendorong setiap siswa untuk mencapai potensi terbaiknya. Prestasi yang diraih oleh siswa SIKK menjadi bukti nyata bahwa dengan strategi kepemimpinan yang tepat dan komitmen yang tinggi, sekolah dapat mencapai keunggulan meskipun menghadapi berbagai tantangan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Kepemimpinan, Mutu Pendidikan, SIKK. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 08:25 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 08:25 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17101 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |