MUHAMMAD HASBI SABARI, (2025) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI MADRASAH ALIYAH (MA) ISLAMIC CENTRE KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, S1 - Manajemen Pendidikan Islam UIN SSC.
![]() |
Text
2108109072_1_cover.pdf Download (923kB) |
![]() |
Text
2108109072_2_bab1.pdf Download (254kB) |
![]() |
Text
2108109072_6_bab5.pdf Download (150kB) |
![]() |
Text
2108109072_7_dafpus.pdf Download (231kB) |
Abstract
Perpustakaan sekolah berfungsi sebagai pusat sumber belajar yang membantu meningkatkan minat baca siswa, memperkaya wawasan, serta mendukung pengembangan literasi dan keterampilan akademik siswa. Akan tetapi, kenyataannya di perpustakaan sekolah MA Islamic Centre Kabupaten Cirebon kurang dimanfaatkan dengan baik oleh para siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat baca siswa, manajemen perpustakaan, dan hasil dalam meningkatkan minat baca siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari, Kepala Madrasah, Kepala Perpustakaan, dan siswa kelas XI IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca di MA Islamic Centre masih sangat rendah. Faktor yang menyebabkan rendahnya minat baca siswa MA Islamic Centre Kabupaten Cirebon disebabkan oleh faktor intenal dan faktor eksternal. manajemen perpustakaan telah dilaksanakan dengan baik, yaitu meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaannya melibatkan penyiapan tenaga perpustakaan, dan perluasan koleksi buku. Pengorganisasian mencakup pembentukan tim perpustakaan, dan penyusunan struktur organisasi. Pelaksanaan dilakukan dengan menambahkan koleksi buku, dan motivasi siswa untuk berkunjung ke perpustakaan. Evaluasi dilakukan melalui penambahan koleksi buku tahunan, laporan rutin, dan revisi program. Hasil manajemen dalam meningkatkan minat baca siswa telah diterapkan, akan tetapi tidak meningkatkan minat baca siswa karena kendala-kendala yang menghambat. Implikasi teoritis penelitian ini dapat memperkuat teori tentang minat baca, sementara implikasi praktis akan berdampak positif pada prestasi akademik siswa, kemampuan berpikir kritis, dan wawasan pengetahuan siswa. Penelitian ini merekomendasikan penyelenggaraan kegiatan gerakan literasi sekolah (GLS) dan peningkatan kesadaran siswa untuk memanfaatkan fasilitas perpustakaan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Perpustakaan, Minat Baca |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 9. Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 08:31 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 08:31 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17106 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |