Virgi Syafiq Ghiyats Brilianove, (2025) Pengaruh Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dan Kompetensi Teknologi Dosen/Tutor terhadap Kepuasan Pelayanan Mahasiswa S1 PJJ PAI UIN Siber Syekh Nurjati Cirebon. Masters thesis, MPI UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
COVER - Virgi Syafiq Ghiyats. B.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB I - Virgi Syafiq Ghiyats. B.pdf Download (554kB) |
![]() |
Text
BAB V - Virgi Syafiq Ghiyats. B.pdf Download (436kB) |
![]() |
Text
DAPUS - Virgi Syafiq Ghiyats. B.pdf Download (555kB) |
Abstract
Perguruan tinggi saat ini menghadapi persaingan yang semakin ketat dalam menarik dan mempertahankan mahasiswa, sehingga dituntut untuk meningkatkan kualitas layanan, khususnya dalam sistem informasi manajemen dan kompetensi teknologi dosen. Sayangnya, kepuasan mahasiswa masih tergolong rendah akibat keterbatasan layanan administrasi, akses informasi akademin yang kurang efisien, serta pemanfaatan teknologi yang belum optimal dalam proses pembelajaran. Banyak institusi belum mengelola sistem informasi manajemen secara terpusat, sehingga menghambat akses terhadap informasi, menurunkan validitas data dan melemahkan koordinasi antarunit. Di sisi lain, masih banyak dosen yang mengalami kendala dalam penguasaan teknologi pendidikan seperti e-learning dan platform digital, yang berdampak pada rendahnya efektivitas pembelajaran daring dan pada akhirnya menurunkan tingkat kepuasan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap sejauh mana kualitas sistem informasi manajemen yang efektif dan penguasaan teknologi oleh dosen dapat meningkatkan efisiensi layanan akademik, memperkuat proses pembelajaran digital, serta membentuk pengalaman belajar yang lebih memuaskan bagi mahasiswa. Penelitian ini secara garis besar merupakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dengan metode regresi linear berganda yang mana penelitian ini bertujuan mencari ada atau tidak adanya pengaruh antara satu variabel dengan variabel lainnya yang kemudian hasilnya dideskripsikan secara umum. Hasil penelitian menegaskan bahwa sistem informasi pendidikan yang stabil serta peningkatan kompetensi teknologi dosen/tutor merupakan strategi kunci untuk meningkatkan kepuasan mahasiswa. Model regresi Y = 3,182 + 0,382X1 + 0,542X2, berdasarkan 1000 sampel bootstrapping, menunjukkan kedua variabel berpengaruh signifikan (signifikansi 0,001; CI 95% tidak mengandung nol), yang berarti keduanya berkontribusi nyata terhadap kualitas layanan pendidikan. Kata Kunci: Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Kompetensi Teknologi,Kepuasan Pelayanan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Kompetensi Teknologi,Kepuasan Pelayanan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 04:55 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 04:55 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17131 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |