Lutfi Sambudi, (2025) Implementasi Pengembangan Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik Di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Taruna Mandiri Kuningan. Masters thesis, MPI UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
01.COVER - lutfi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
02.BAB I - lutfi.pdf Download (397kB) |
![]() |
Text
06.BAB V -lutfi.pdf Download (395kB) |
![]() |
Text
07.DAFTAR PUSTAKA -lutfi.pdf Download (389kB) |
Abstract
Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki peran strategis dalam peningkatan kualitas pendidikan, terutama di Sekolah Luar Biasa (SLB) yang memiliki karakteristik dan tantangan tersendiri. SLBN Taruna Mandiri Kuningan menghadapi sejumlah persoalan seperti rasio guru dan siswa yang tidak seimbang, keterbatasan pelatihan berkelanjutan, kurangnya supervisi yang optimal, serta belum maksimalnya evaluasi kinerja pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pengembangan manajemen SDM dalam meningkatkan kinerja pendidik, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat yang berpengaruh dalam proses pengembangan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan para guru di SLBN Taruna Mandiri Kuningan. Proses analisis data dilakukan secara interaktif dengan model Miles dan Huberman melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Fokus utama penelitian terletak pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengembangan SDM sebagai upaya peningkatan kinerja pendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan SDM dilakukan melalui perencanaan berbasis hasil evaluasi sebelumnya yang dirumuskan dalam Rencana Strategis (Renstra) sekolah. Pelaksanaannya mencakup pemberian pelatihan, seminar, bimtek, serta motivasi dan supervisi yang dilakukan secara rutin. Evaluasi dilakukan melalui supervisi kepala sekolah dan pengawas, serta penilaian kinerja guru (PKG) yang dilakukan minimal dua kali dalam satu semester. Pengembangan SDM terbukti berdampak positif terhadap peningkatan kompetensi, semangat kerja, profesionalisme, dan produktivitas pendidik. Adapun faktor pendukung pengembangan SDM meliputi komitmen pimpinan, partisipasi aktif guru, serta dukungan sarana dan prasarana. Sementara itu, faktor penghambat meliputi keterbatasan anggaran, waktu, dan perubahan kebutuhan organisasi. Implikasi dari penelitian ini menegaskan pentingnya manajemen SDM yang terencana, terstruktur, dan berkelanjutan sebagai kunci keberhasilan dalam meningkatkan mutu pendidikan, khususnya dalam pelayanan bagi anak berkebutuhan khusus. Kata Kunci: Manajemen Sumber Daya Manusia, Kinerja Pendidik, Sekolah Luar Biasa, Pengembangan SDM
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Sumber Daya Manusia, Kinerja Pendidik, Sekolah Luar Biasa, Pengembangan SDM |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 27 Aug 2025 09:02 |
Last Modified: | 27 Aug 2025 09:02 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17136 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |