Ade Like Rachmawat, (2025) Strategi Manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Era Digital di SDIT Wadi Fatimah Cirebon. Masters thesis, MPI UIN Siber Syekh Nurjati.
![]() |
Text
ade_cover.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
ade_bab1.pdf Download (369kB) |
![]() |
Text
Ade_bab5.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
Ade_dafpus.pdf Download (284kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital yang pesat telah mengubah berbagai aspek dalam dunia pendidikan, sehingga dibutuhkan strategi manajemen sekolah yang adaptif. Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) memberikan otonomi kepada sekolah untuk mengelola sumber daya secara mandiri guna meningkatkan mutu pendidikan. Namun, sekolah Islam terpadu seperti SDIT Wadi Fatimah menghadapi tantangan tersendiri dalam mengimplementasikan MBS di era digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi manajemen berbasis sekolah (MBS) dalam meningkatkan mutu pendidikan di era digital di SDIT Wadi Fatimah Cirebon. Secara khusus, penelitian ini menganalisis bentuk perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi strategi MBS serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya di sekolah Islam terpadu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang dilaksanakan di SDIT Wadi Fatimah Cirebon. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Data dianalisis secara deskriptif untuk mengeksplorasi strategi MBS dan efektivitasnya dalam konteks digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi MBS di SDIT Wadi Fatimah mencakup perencanaan strategis yang selaras dengan visi dan misi sekolah, pengorganisasian sumber daya manusia dan teknologi, pelaksanaan pembelajaran berbasis digital, serta evaluasi berkelanjutan. Faktor pendukung utama meliputi kepemimpinan transformasional kepala sekolah, keterlibatan aktif para pemangku kepentingan, serta dukungan kebijakan pemerintah. Sementara itu, tantangan yang dihadapi antara lain keterbatasan infrastruktur teknologi, kurangnya pelatihan guru dalam penggunaan teknologi digital, dan rendahnya keterlibatan orang tua dalam pembelajaran digital. Strategi MBS yang terintegrasi dengan teknologi digital dapat secara signifikan meningkatkan mutu pendidikan, terutama jika didukung oleh kepemimpinan yang kompeten dan kolaborasi seluruh warga sekolah. Penelitian ini merekomendasikan agar sekolah Islam terpadu mengadopsi strategi yang adaptif dan inklusif untuk dapat menghadapi transformasi pendidikan di era digital. Kata Kunci: Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu Pendidikan, Transformasi Digital.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Berbasis Sekolah, Mutu Pendidikan, Transformasi Digital. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 01 Sep 2025 06:42 |
Last Modified: | 01 Sep 2025 06:42 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17155 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |