Implementasi Manajemen Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalitas Tenaga Pendidik Dan Mutu Pendidikan Di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon

Ahmad Samsudin, (2025) Implementasi Manajemen Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalitas Tenaga Pendidik Dan Mutu Pendidikan Di SMP Islam Al Azhar 5 Cirebon. Masters thesis, MPI UIN Siber Syekh Nurjati.

[img] Text
ahmad_cover.pdf

Download (790kB)
[img] Text
ahmad_bab1.pdf

Download (293kB)
[img] Text
ahmad_bab1.pdf

Download (293kB)
[img] Text
ahmad_bab5.pdf

Download (197kB)
[img] Text
ahmad_dafpus.pdf

Download (212kB)

Abstract

Mutu pendidikan ditentukan oleh kualitas sumber daya pendidikan itu sendiri. Sumber daya pendidikan yang dimaksud adalah kepala sekolah dengan perannya sebagai pemimpin lembaga dan guru dengan kinerjanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi manajemen supervisi Kepala Sekolah dalam meningkatkan profesionalitas tenaga pendidik dan mutu pendidikan, dan menganalisis faktor pendukung serta faktor penghambat dalam pelaksanaannya. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan bentuk deskriptif, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan tujuan dan metode penelitian di atas, didapatkan temuan penelitian menunjukkan bahwa: implementasi manajemen supervisi pendidikan kepala sekolah berjalan dengan baik, meskipun masih ada beberapa kendala yang dihadapi akan tetapi masih bisa diatasi dengan manjalin komunikasi terhadap guru yang bersangkutan dengan Teknik coaching tujuannya untuk dapat mengevaluasi hal hal yang masih kurang baik. Adapun faktor pendukungnya yakni adanya dukungan dari semua pihak yang berkaitan dan fasilitas yang memadai dalam proses belajar mengajar selanjutnya faktor penghambat dari pelaksanaan manajemen supervisi kepala sekolah disebabkan dari pihak kepala sekolah mengenai ketrbatasan waktu dan dan dari pihak tenaga pendidiknya yaitu masih ada beberapa guru yang masih kurang maksimal dalam hal kedisiplinan dan kurangnya kompetensi dalam mengkondisikan peserta didik karena ada rasa ketidak enakan guru terhadap walimurid siswa dalam memberikan ketegasan yang lebih terhadap peserta didik. Kata Kunci : Manajemen Supervisi, Kepala Sekolah, Profesionalitas Tenaga

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Supervisi, Kepala Sekolah, Profesionalitas Tenaga
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Menengah dan Pendidikan Menengah Atas
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 Sep 2025 08:27
Last Modified: 03 Sep 2025 08:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17187

Actions (login required)

View Item View Item