PERAN STRATEGIS STAKE HOLDER MELALUI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS ISTIQOMAH BONGAS WETAN KABUPATEN MAJALENGKA

Evi Maelani, (2025) PERAN STRATEGIS STAKE HOLDER MELALUI MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH PLUS ISTIQOMAH BONGAS WETAN KABUPATEN MAJALENGKA. Masters thesis, MPI UIN Siber Syekh Nurjati.

[img] Text
evi_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
evi_bab1.pdf

Download (554kB)
[img] Text
evi_bab5.pdf

Download (396kB)
[img] Text
evi_dafpus.pdf

Download (591kB)

Abstract

Mutu pembelajaran merupakan indikator utama dalam keberhasilan pendidikan, terutama pada lembaga pendidikan berbasis Islam seperti Madrasah IbtidaiyahPlus Istiqomah Bongas Wetan. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya optimalisasi peran Stake Holder dan belum maksimalnya penerapan manajemen pendidikan Islam dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran strategis Stake Holder dalam meningkatkan mutu pembelajaran melalui penerapan manajemen pendidikan Islam, mendeskripsikan dampak keterlibatan Stake Holder terhadap mutu pembelajaran, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang diperoleh dari kepala madrasah, guru, staf administrasi, komite sekolah, dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Stake Holder di Madrasah Ibtidaiyah Plus Istiqomah berperan aktif sebagai pelaksana, pengarah, pengawas, dan mitra strategis dalam perencanaan serta evaluasi pembelajaran. Penerapan manajemen pendidikan Islam secara sistematis mendorong sinergi antar pihak dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran, yang ditunjukkan dengan peningkatan kepercayaan masyarakat, bertambahnya jumlah siswa, serta capaian prestasi akademik dan non-akademik. Sementara itu, faktor penghambat meliputi komunikasi yang kurang efektif, keterbatasan waktu dan kesibukan StakeHolder eksternal, serta perbedaan latar belakang sosial, ekonomi, dan pendidikan yang menyebabkan rendahnya pemahaman tentang peran StakeHolder dalam pendidikan. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan komunikasi, pelatihan pemahaman peran StakeHolder, serta penguatan kolaborasi lintas pihak untuk menciptakan pembelajaran yang berkualitas. Kata Kunci: Stake Holder, manajemen pendidikan Islam, mutu pembelajaran, Madrasah Ibitdaiyah Plus Istiqomah.

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Stake Holder, manajemen pendidikan Islam, mutu pembelajaran, Madrasah Ibitdaiyah Plus Istiqomah.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 03 Sep 2025 08:56
Last Modified: 03 Sep 2025 08:56
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17188

Actions (login required)

View Item View Item