Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Kebermanfaatan Terhadap Minat Dalam Menggunakan Aims Mobile (Studi Pada Bmt Al-Ishlah Mitra Sejahtera Cabang Cirebon)

Jujun Jumali, (2025) Pengaruh Persepsi Kemudahan Penggunaan Dan Kebermanfaatan Terhadap Minat Dalam Menggunakan Aims Mobile (Studi Pada Bmt Al-Ishlah Mitra Sejahtera Cabang Cirebon). Bachelor thesis, S1-Perbankan Syariah UIN SSC.

[img] Text
2008203167_1_cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2008203167_2_bab1.pdf

Download (419kB)
[img] Text
2008203167_6_bab5.pdf

Download (358kB)
[img] Text
2008203167_7_dafpus.pdf

Download (383kB)

Abstract

Kemajuan teknologi digital mendorong lembaga keuangan syariah untuk menghadirkan layanan berbasis teknologi, termasuk KSPPS BMT Al-Ishlah Mitra Sejahtera yang meluncurkan aplikasi AIMS Mobile. Tetapi, kondisi ini belum mampu meningkatkan minat anggota dikarenakan masih rendahnya pemanfaatan teknologi tersebut disebabkan oleh persepsi kemudahan penggunaan dan kebermanfaatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi kebermanfaatan terhadap minat anggota dalam menggunakan aplikasi AIMS Mobile, baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei. Penelitian dilakukan pada anggota KSPPS BMT Al-Ishlah Mitra Sejahtera Cabang Cirebon yang telah menggunakan AIMS Mobile, dengan sampel sebanyak 83 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pengguna, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (3,897 >1,990). Persepsi kebermanfaatan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pengguna, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05 dan nilai t-hitung lebih besar dari t-tabel (5,147>1,990). Secara simultan, kedua variabel berpengaruh signifikan terhadap minat pengguna, dengan nilai signifikansi uji F sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai R² sebesar 0,477, yang menunjukkan bahwa 47,7% variasi minat dijelaskan oleh kedua variabel tersebut. Kata Kunci: Persepsi Kemudahan Penggunaan, Kebermanfaatan, Minat, AIMS Mobile.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Dec 2025 04:54
Last Modified: 01 Dec 2025 04:55
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/17516

Actions (login required)

View Item View Item