WINDA WATI, (2015) PERANAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DALAM SISTEM PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs. AL HIDAYAH CIAWIJAPURA KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Other
WINDA WATI (1410140156) (WM BLM).PDF Download (5MB) | Preview |
Abstract
WINDA WATI : Manajemen merupakan salah satu komponen vital bagi semua aspek pendidikan. Mekanisme manajemen yang kurang bagus akan sangat berpengaruh terhadap mutu atau output pendidikan. Dengan melaksanakan manajemen tersebut secara professional diharapkan untuk dapat meningkatkan mutu pendidikan. Peneliti menyadari pentingnya mengadopsi praktik sistem informasi manajemen untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan sistem informasi manajemen di MTs AL-Hidayah Ciawijapura, 2) Untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat implementasi manajemen pendidikan di MTs Al-Hidayah Ciawijapura, 3) Untuk mengetahui peranan sistem informasi manajemen dalam sistem penjaminan mutu di MTs Al-Hidayah Ciawijapura. Sistem informasi manajemen didalamnya mencakup sarana prasarana (fisik dan non fisik), tenaga pendidik, dan partisipasi masyarakat. Dengan adanya sistem informasi manajeman yang baik akan memacu pada pendidikan yang baik pula. sehingga tidak hanya pendidikannya yang baik tapi diharapkan pula menghasilkan output berupa siswa yang berhasil dalam kegiatan belajar mengajar yang akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menghasilkan data berbentuk uraian deskriptif. Metode pengumpulan data dengan menggunakan: observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan ialah analisis deskriptif kualitatif, yaitu analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa MTs Al-Hidayah Ciawijapura secara perlahan dapat meningkatkan kualitas pendidikannya karena peran sistem informasi manajemen pendidikan yang telah diterapkan dengan baik. Adapun hal yang dapat menghambat penerapan SIM salah satunya yaitu sumber daya manusia yang profesional untuk mengoperasikan sekolah, dana yang cukup agar sekolah mampu menggaji staf sesuai dengan fungsinya, sarana prasarana yang memadai untuk mendukung proses belajar-mengajar. Adapun yang dapat menghambat penerapan SIM yaitu terbatasnya sumber daya manusia yang terampil dalam pengelolaan sistem informasi, rendahnya kesadaran para pengelola sistem informasi dalam menyamakan komitmen kerja. Secara signifikan peranan dari diterapkannya SIM di MTs Al-Hidayah Ciawijapura telah menunjukkan hasil yang sangat signifikan terhadap mutu pendidikan, dimana hal itu dapat dilihat dari meningkatnya jumlah input dan output setiap tahunnya dan prestasi yang terus meningkat. Kata kunci: Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Mutu Pendidikan
[error in script]Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 6. Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 26 Apr 2017 02:24 |
Last Modified: | 26 Apr 2017 02:24 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2149 |
Actions (login required)
View Item |