PENGARUH PELAKSANAAN TADARUS AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 BEBER KABUPATEN CIREBON

IMAM, (2013) PENGARUH PELAKSANAAN TADARUS AL-QUR’AN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 1 BEBER KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
IMAM PAI 2015 (WM BLM)-min.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Muhammad Imamuddin : NIM : 14111130130 Pengaruh Pelaksanaan Tadarus Al-Qur’an terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Beber Kabupaten Cirebon Dalam kegiatan tadarus al-Qur’an, ada kegiatan membaca al-Qur’an dan ada kegiatan menyimak bacaan al-Qur’an. Semakin sering membaca dan sering menyimak bacaan ayat-ayat al-Qur’an yang dibacakan oleh gurunya, kemampuan membaca al-Qur’an siswa akan semakin baik sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Namun, kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Beber Kabupaten Cirebon nampak kurang baik, hal itu terlihat ketika mereka membaca al-Qur’an. Oleh karena itu, perlu melaksanakan tadarus al-Qur’an secara rutin sehingga akan memberikan pengaruh terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Pelaksanaan tadarus al- Qur’an, 2) Kemampuan membaca al-Qur’an, 3) Pengaruh pelaksanaan tadarus al- Qur’an terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Beber Kabupaten Cirebon. Membiasakan membaca dan menyimak bacaan al-Qur’an akan menambah kemampuan membaca al-Qur’an, karena dengan sering membaca dan menyimak bacaan al-Qur’an biasanya akan menemukan perbedaan dibanding dengan bacaan al-Qur’an orang lain. Sehingga akan mengetahui bacaan yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini berpopulasi 348 responden dan pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dengan batas kesalahan 10%, sehingga jumlah sampel sebanyak 78 responden. Data primer dikaji dengan menggunakan hipotesis dengan tahapan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji regresi linier sederhana dan uji signifikansi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dianalisis dengan menggunakan regresi linier sederhana dengan model persamaan Y = a + bX. Setelah data dianalisis dengan bantuan program SPSS, maka diperoleh model persamaan Y = 10,883 + 0,837 X. Dari uji determinasi, 93,3% perubahan variabel kemampuan membaca al-Qur’an dijelaskan oleh perbedaan variabel tadarus al- Qur’an dan 67,7% dijelaskan oleh variabel lain di luar dari penelitian ini. Setelah dilakukan Uji Hipotesis secara Parsial (uji t)diperoleh nilai t hitung > t tabel atau 532,637 > 1,991 maka hipotesis diterima. Artinya, terdapat pengaruh pelaksanaan tadarus al-Qur’an terhadap kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Beber Kabupaten Cirebon.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum) > Evaluasi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 1. Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 10 May 2017 03:39
Last Modified: 23 Aug 2021 15:23
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/2800

Actions (login required)

View Item View Item