Huurun’iin, (2021) Strategi Pengembangan Dan Daya Saing Industri Rumahan Produk Batik Pada Batik An Desa Kalitengah Kabupaten Cirebon. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
COVER s.d. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (657kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (282kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Huurun’iin, NIM: 1708203135, “STRATEGI PENGEMBANGAN DAN DAYA SAING INDUSTRI RUMAHAN PRODUK BATIK PADA BATIK AN DESA KALITENGAH KABUPATEN CIREBON”. 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha industri rumahan produk batik pada Batik AN Desa Kalitengah Kabupaten Cirebon, dan daya saing indsutri rumahan produk batik pada Batik AN Desa Kalitengah Kabupaten Cirebon. Dengan menggunakan metode kualitatif, suatu prosedur penilitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orangorang dan perilaku yang dapat diamati dan diwawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah kumpulan pengamatan penulis terhadap fenomena-fenomena, data-data, bahan kajian penelitian terdahulu, serta jurnal-jurnal ilmiah yang terkait dengan judul yang diteliti, yang terdiri dari: Data Primer yang dilakukan di Industri Rumahan Batik AN, Data Sekunder, data ini diperoleh dari sumber-sumber yang telah ada diantaranya Buku, Jurnal dan Dokumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa industri rumahan Batik AN menggunakan beberapa strategi pengembangan, diantaranya: strategi dalam hal pewarnaan menggunakan naptol dan indigosol, inovasi motif, pemasaran dengan media sosial, modifikasi motif, dan proses produksi semua strategi tersebut termasuk ke dalam fokus strategi. Sedangkan, strategi daya saing yang digunakan oleh industri rumahan Batik AN Desa Kalitengah Kabupaten Cirebon menggunakan strategi daya saing yaitu fokus strategi (kombinasi cost leadership dan strategi diferensiasi). Dengan hasil penelitian berdasarkan analisis SWOT, dapat menentukan berbagai kemungkinan yang dapat diambil oleh industri rumahan Batik AN ialah selalu memberikan invovasi baru pada produk, meningkatkan kemampuan dalam mengelola keuangan, meningkatkan kualitas/kemampuan SDM, mencari berbagai sumber dana melalui investor, dan proses produksi menggunakan alat yang ramah lingkungan. Kata kunci: strategi, pengembangan, daya saing.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 07:13 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 07:13 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5102 |
Actions (login required)
View Item |