PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK AL-ASY’ARIYAH KECAMATAN LOSARI KABUPATEN CIREBON

Aulia Maula Ni’mah, (2021) PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK AL-ASY’ARIYAH KECAMATAN LOSARI KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Cover (cover sd daftar isi).pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (545kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (490kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Aulia Maula Ni’mah. 1708306081. PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK AL-ASY’ARIYAH KECAMATAN LOSARI KABUPATEN CIREBON. Skripsi Cirebon: Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah, Jurusan Bimbingan Konseling Islam. Kepercayaan diri adalah sikap positif seseorang individu dalam mengembangkan nilai-nilai sikap positif baik terhadap dirinya sendiri maupun terhadap lingkungan/situasi yang di hadapinya. penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang diketahui dari studi pendahuluan, permasalahan tersebut yakni mengenai masih adanya sebagian siswa yang kurang kepercayaan diri pada prestasi belajar yang ditunjukan dengan siswa yang takut atau malu untuk menggungkapkan pendapat dan mengajukan pertannyaan di depan kelas, dan adanya siswa yang grogi ketika tampil dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengetahui kepercayaan diri siswa kelas XI SMK Al-Asy’ariyah. 2) Untuk mengetahui proses bimbingan dan konseling dalam meningkatkan prestasi belajaar siswa kelas XI SMK Al-Asy’ariyah. 3) Untuk mengetahui peran bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri dengan prestasi belajar siswa kelas XI SMK Al-Asy’ariyah. Penelitan ini merupakaan penelitian kualitatif deskriptif. pengumpulan data penelitian berfokus pada tiga metode yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi, informan dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling, Kepala sekolah dan siswa kelas XI SMK Al-Asy’ariyah Kecamatan losari Kabupaten cirebon. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan peneliti kepada guru Bimbingan dan Konseling dan siswa kelas XI SMK Al-Asy’ariyah Kecamatan Losari Kabupaten Cirebon mengenai Peran Bimbingaan dan Konseling dalam meningkatkan Kepercayaan diri pada Prestasi Belajar siswa, bahwasanya kepercayaan diri pada prestasi belajar siswa cukup baik setelah melakukan bimbingan dan konseling yang dilakukan di sekolah serta siswa sudah mau untuk mencoba dan mengembangkan potensi yang dimiliki. Proses bimbingan dan konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri pada prestasi belajar siswa sudah berjalan dengan baik sesuai prosedur yang dibuat oleh sekolah dan siswa memiliki perkembangan yang sangat baik terlihat dari sebelumnya. Peran Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan kepercayaan diri pada prestasi belajar siswa sebagai motivator dan fasilitator di sekolah agar siswa menajadi lebih baik dan peran bk juga sudah sesuai dengan program layanan yang di terapkan di sekolah sehingga menjadikan siswa menjadi lebih baik seperti berfikir positif, berani dengan kemampuan yang di milikinya. Kata Kunci: Bimbingan dan Konseling, Kepercayaan Diri, Prestasi Belajar, Siswa.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 31 Aug 2021 07:20
Last Modified: 31 Aug 2021 07:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5112

Actions (login required)

View Item View Item