SOFIE TRIA AZHARY NOOR, (2021) HUBUNGAN BIMBINGAN SOSIAL DENGAN KOMPETENSI INTERPERSONAL REMAJA DI SEKOLAH ALAM WANGSAKERTA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
01 COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (488kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (545kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (476kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK SOFIE TRIA AZHARY NOOR: 1708306105 “HUBUNGAN BIMBINGAN SOSIAL DENGAN KOMPETENSI INTERPERSONAL REMAJA DI SEKOLAH ALAM WANGSAKERTA”. Dalam masa remaja selalu dihadapi dengan bermacam perubahan fisik, psikis, ataupun sosial. Dengan perubahan itu remaja seringkali dihadapi dengan kegoyahan sehingga emosinya tidak stabil. Akibatnya remaja belum bisa menyelesaikan permasalahannya dengan baik, bahkan akibat emosinya yang tidak stabil remaja akan menyelesaikan masalahnya dengan kekerasan atau bahkan menghindarinya serta menyalahkan orang lain. Melihat persoalan remaja saya tertarik terhadap Sekolah Alam Wangsakerta di dusun Karangdawa Desa Setupatok Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon. Sekolah ini didirikan sebagai bentuk kepedulian terhadap realitas sosial yang ada di Dusun Karangdawa. Termasuk membangun, membimbing dan melatih siswa-siswinya mengembangankan potensi dan kemampuan interpersonalnya. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui bimbingan sosial yang diterapkan di Sekolah Alam Wangsakerta, mengetahui kompetensi interpersonal remaja yang bersekolah di Sekolah Alam Wangsakerta serta hubungan bimbingan sosial dengan kompetensi interpersonal remaja di Sekolah Alam Wangsakerta. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan desain explanatory jenis simple correlation. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa yang sedang menempuh pendidikan di Sekolah Alam Wangsakerta yang berjumlah 22 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 20 orang sesuai dengan Teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket. Serta analisis data menggunakan analisis korelasi produk momen. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis data, menyatakan bahwa bimbingan sosial yang diterapkan di sekolah alam Wangsakerta berada pada kategori cukup efektif yaitu 90,20 atau berada pada interval 85 ≤ X < 96. Kompetensi interpersonal remaja yang dimiliki oleh siswa Sekolah Alam Wangsakerta sebesar 86,30 atau berada pada interval 80 ≤ X < 93 yang artinya kompetensi interpersonal yang dimiliki cukup baik, dan terdapatnya hubungan positif antara bimbingan sosial dengan kompetensi interpersonal remaja di Sekolah Alam Wangsakerta dengan rhitung sebesar 0,819 yang berada pada taraf koefisiensi korelasi yang sangat kuat. Kata Kunci: Bimbingan Sosial, Kompetensi Interpersonal,Remaja.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 07:40 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 00:42 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5113 |
Actions (login required)
View Item |