ANISAH, (2021) STRATEGI KOMUNIKASI USTADZAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI TPQ AL-MAUNAH DESA KEPUH KECAMATAN PALIMANAN KABUPATEN CIREBON. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
01 COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (483kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (581kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK ANISAH, Nim:1708302090 “STRATEGI KOMUNIKASI USTADZAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SANTRI DI TPQ AL-MAUNAH DESA KEPUH KECAMATAN PALIMANAN KABUPATEN CIREBON”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Al-Maunah Desa Kepuh Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon, dan hal ini tentu melibatkan seorang ustadzah yang mengajar. Strategi komunikasi yang digunakan oleh ustadzah dalam menyampaikan materi pembelajaran akan berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan santri dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang digunakan oleh ustadzah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri di TPQ Al-Maunah Desa Kepuh Kecamatan Palimanan Kabupaten Cirebon. Disini peneliti menggunakan teori tentang strategi komunikasi pembelajaran untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi komunikasi yang diterapkan di TPQ Al-Maunah dan melihat apakah strategi yang dilakukan sudah sesuai dan efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an santri atau belum. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu dapat menambah wawasan bagi penulis dalam bidang strategi komunikasi. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini adalah menggunakan jenis penelitian Kualitatif study kasus dengan teknik pengumpulan data yaitu (1) observasi; (2) wawancara secara mendalam; dan (3) dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di TPQ Al-Maunah desa Kepuh kecamatan Palimanan kabupaten Cirebon. Hasil dari penelitian ini yakni sebagai berikut: strategi yang digunakan ustadzah dalam pembelajaran santri dikelas cukup bagus dan efektif yakni: (1) Guru Sebagai Penceramah; (2) Guru Sebagai Moderator; (3) Guru Sebagai Pembimbing; (4) Guru Sebagai Menejer; (5) Guru Sebagai Kordinator Dan Innovator. Dengan penerapan strategi yang baik dan efektif maka kemampuan membaca Al-Qur’an santri pun dapat meningkat dan proses pembelajaran Al- Qur’an pun bisa berjalan secara efektif. Kata kunci: Baca Al-Qur’an, Strategi Komunikasi, Ustadzah.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 08:16 |
Last Modified: | 01 Sep 2021 00:43 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5121 |
Actions (login required)
View Item |