IMPLEMENTASI BIMBINGAN KEAGAMAAN TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA DI MI PLUS ISTIQOMAH BONGAS WETAN SUMBERJAYA MAJALENGKA

Affnan Ramadhini Sugiharto, (2021) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KEAGAMAAN TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA DI MI PLUS ISTIQOMAH BONGAS WETAN SUMBERJAYA MAJALENGKA. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
01 Cover.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text
02 BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06 BAB V.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07 Daftar Pustaka.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IMPLEMENTASI BIMBINGAN KEAGAMAAN TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA DI MI PLUS ISTIQOMAH BONGAS WETAN SUMBERJAYA MAJALENGKA Affnan Ramadhini Sugiharto 1708306020 Agama adalah alat kontrol psikologis bagi seseorang, sekaligus pembangun kepribadian, dan elemen yang tidak terpisahkan dalam proses kepribadian secara utuh. Bimbingan agama kepada siswa tidak hanya dimulai di sekolah, tetapi keluarga juga memegang peranan yang sangat penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemajuan tahapan pembinaan, proses pembinaan, dan pelaksanaan bimbingan agama bagi siswa yang telah menyelesaikan pembinaan agama di MI Plus Istiqomah. Studi ini adalah studi kualitatif dengan informan kepala madrasah, wali kelas dan 6 siswa. Penentuan sumber data yang digunakan menggunakan teknik non probability, yaitu purposive random sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran agama MI Plus Istiqomah dilaksanakan melalui ceramah, metode kelompok dan metode individu. Materi yang disampaikan antara lain tentang sholat berjamaah, tadarus Al-Qur’an, menghafal surat pendek, hadits dan doa. 2) Penyesuaian diri siswa di MI Plus Istiqomah terhadap kegiatan keagamaan yang ada sangat baik. Penyesuaian diri siswa terhadap kegiatan keagamaan ini bisa dengan mudah beradaptasi karena kegiatan keagamaan merupakan kegiatan pembiasaan yang ada di MI Plus Istiqomah. Kegiatan pembiasaan ini dilakukan setiap hari oleh siswa sehingga siswa dapat dengan mudah menyesuaikan diri. 3) Implementasi bimbingan keagamaan terhadap penyesuaian diri siswa di MI Plus Istiqomah sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembinaan agama pada adaptasi siswa melalui kegiatan pembiasaan sangat efektif dan dapat dilaksanakan pada kehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Bimbingan, Bimbingan Keagamaan, Penyesuaian Diri

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 09 Sep 2021 01:09
Last Modified: 09 Sep 2021 02:54
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5222

Actions (login required)

View Item View Item