Yulie Mighnayanti, (2021) Implementasi Akad Salam Dan Penyelesaian Masalah Jual Beli Online Di Bt Batik Trusmi Cirebon Pada Masa Pandemi Covid-19. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
COVER DLL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (659kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (441kB) | Preview |
Abstract
Yulie Mighnayanti, NIM : 1708202027, “IMPLEMENTASI AKAD SALAM DAN PENYELESAIAN MASALAH JUAL BELI ONLINE DI BT BATIK TRUSMI CIREBON PADA MASA PANDEMI COVID-19”, 2021. Jual-beli dengan akad salam merupakan jual-beli menggunakan sistem pesanan. Akad ini telah dipraktikan dan termuat dalam sejarah perekonomian Islam. Sedangkan pada masa modern ini, terutama pada masa pandemi, sekilas praktik Akad Salam sama halnya dengan praktik jual beli online. BT Batik Trusmi merupakan salah satu badan usaha yang telah mempraktikan jual beli secara online. Melihat praktik Akad Salam di masa lalu dan Jual-Beli Online di BT Batik Trusmi, peneliti merasa perlu untuk mengkaji lebih dalam terkait bagaimana prosedur jual beli pesanan secara online di BT Batik Trusmi Cirebon, bagaimana implementasi akad as-salam di BT Batik Trusmi Cirebon dan bagaimana penyelesaian masalah saat terjadi sengketa antara penjual dan pembeli di BT Batik Trusmi Cirebon. Peneliti menggunakan metode kualitatif, data diperoleh dengan cara melakukan wawancara dengan Supervisor BT Batik Trusmi, admin sosial media BT Batik Trusmi, dan customer BT Batik Trusmi. Observasi secara langsung di BT Batik Trusmi serta dokumentasi BT Batik Trusmi yang kemudian dianalisis dengan metode deskriptif analisis. Adapun hasil penelitian mengenai prosedur jual beli pesanan online dimulai dari pencarian, pemesanan dan pembayaran produk, setelah adanya konfirmasi pembayaran, pesanan tersebut akan dikirim ke tempat tujuan. Lalu implementasi akad salam dalam jual-beli online di BT Batik Trusmi sudah memenuhi rukun dan syarat dari akad salam yang sudah ditentukan oleh syara‟. Dalam menyelesaikan permasalahan pada transaksi jual beli pesanan di BT Batik Trusmi yang terjadi adalah menggunakan sistem negoisasi. Antara konsumen dan pelaku usaha menuntaskannya secara kekeluargaan. Kata Kunci : Akad Salam, Jual Beli Online, Covid-19
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah) |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 00:26 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 00:26 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5281 |
Actions (login required)
View Item |