Fani Febrianti, (2021) Dampak Keluarga Broken Home Pada Perilaku Sosial Siswa di Kampung Pesisir Kelurahan Panjunan Kecamatan Lemahwungkuk. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
COVER DLL.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (103kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Fani Febrianti, NIM 1708306050 “Dampak Keluarga Broken Home Pada Perilaku Sosial Siswa di Kampung Pesisir Kelurahan Panjunan Kecamatan Lemahwungkuk” Keluarga broken home merupakan kondisi keluarga yang struktur keluarga itu tidak utuh lagi disebakan karena orangtua bercerai atau salah satu dari keluarga itu meninggal dunia. Selain itu, penyebab keluarga broken home dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain persoalan ekonomi, perbedaan usia yang cukup jauh, maupun persoalan hidup yang berbeda. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui bagaimana pola hubungan siswa broken home dengan ayah atau ibu serta 2) untuk mengetahui perubahan perilaku siswa broken home dan 3) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan perilaku sosial siswa broken home di Kampung Pesisir Kelurahan Panjunan Kecamatan Lemahwungkuk. Metodologi penelitian ini : Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan/metode penelitian studi kasus. Sumber data dan penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumetasi. Proses pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan prosedur wawancara terbuka dengan bantuan alat tulis dan rekaman, disertai dengan foto dokumentasi agar penelitian ini lebih akurat. Data yang terkumpul dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pola hubungan siswa broken home dengan ayah atau ibu di Kampung Pesisir Kelurahan Panjunan Kecamatan Lemahwungkuk memiliki kondisi yang berbeda. Pola hubungan antara anak broken home dengan orangtua dikategorikan ada 3 diantaranya Tolerance- Intolerance, Permissivenses-Strictnes, dan Involment-Detachment. (2) Sedangkan perubahan perilaku yang terjadi pada siswa broke home cenderung pada perilaku negatif yaitu depresi, berperilaku kasar, sulit fokus, dan memilih jalan yang salah. (3) Dan faktor-faktor yang mempengaruhi perubahan perilaku sosial siswa di Kampung Pesisir di kelompokkan menjadi 2 diantaranya faktor internal dan eksternal. Faktor internal dipengaruhi oleh proses kognitif sedangkan faktor eksternal dipengaruhi oleh perilaku karakteristik orang lain dan faktor lingkungan. Kata Kunci : Dampak keluarga, broken home
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Filsafat, Psikologi, Agama Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 07:31 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 00:29 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5308 |
Actions (login required)
View Item |