STRATEGI MANAJEMEN RADIO DALAM MENGEMAS PESAN-PESAN DAKWAH (STUDI KASUS RADIO KITA 94.3 FM CIREBON)

Muhammad Zamzami, (2021) STRATEGI MANAJEMEN RADIO DALAM MENGEMAS PESAN-PESAN DAKWAH (STUDI KASUS RADIO KITA 94.3 FM CIREBON). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Cover zamzami.pdf

Download (922kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I zamzam.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V zamzam.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus zamzam.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK STRATEGI MANAJEMEN RADIO DALAM MENGEMAS PESAN-PESAN DAKWAH (STUDI KASUS RADIO KITA 94.3 FM CIREBON) Nama : Muhammad Zamzami Nim : 1708302094 Penelitian ini dilatar belakangi dengan Strategi Manajeman Radio. Radio merupakan media massa yang paling tua sehingga masyarakat mulai meninggalkannya, melihat zaman yang semakin modern dan hadirnya media-media yang lebih canggih serta lebih praktis dan menarik. Mengetahui hal tersebut radio tentu memiliki strategi manajemen yang matang sehingga para pendengarnya tetap setia terhadap siaran dari radio. Pertanyaan penelitian diajukan oleh peneliti yaitu (1) Bagaimana strategi manajemen radio dalam mengemas pesan dakwah. (2) Bagaimana penyampaian pesan dakwah di radio. Tujuan penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengemasan pesan dakwah yang dilakukan dan untuk mengetahui bagaimana cara penyampaian pesan yang dilakukan sehingga dapat bertahan didalam persaingan dengan perusahaan lain, dan siaran yang berkualitas membuat pendengar tetap setia. Dalam penelitian ini metodologi penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data yang digunakan ialah dengan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Dalam mengemas pesan untuk seluruh pendengar muslim, pembahasan yang disampaikan tidak terlalu mendalam, hanya materi-materi dasarnya saja. (2) Strategi lain yang dilakukan adalah dengan membuat iklan program dakwah dan membuat konten dakwah yang mengikuti peraturan KPI (Komisi Penyiaran Indonesia). (3) Penyampaian pesan dakwah dilakukan dengan Live biasanya menggunakan aplikasi Facebook, Youtube, Instagram dll. Dan offline menggunakan media elektronik lainnya serta aplikasi biasanya hannya meriley pesan yang disampaikan kepada pendengar muslim hannya materi dasar, namun untuk materi yang mendalam bertujuan agar pendengar non muslim bisa mendapat pembelajaran serta hidayah agar memeluk agama islam. Kata kunci: Strategi Manajemen, Radio, Pesan Dakwah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Sep 2021 01:49
Last Modified: 15 Sep 2021 05:35
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5325

Actions (login required)

View Item View Item