Asri Dwi Sari, (2021) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-nilai Karakter Pada Peserta Didik (Studi Multi Kasus SDIT Nuurusshiddiiq Dan SDIT Al-Furqon Muhammadiyah Kabupaten Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
COVER TESIS.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (873kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V KESIMPULAN.pdf Download (596kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (748kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Asri Dwi Sari. 2021. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-nilai Karakter Pada Peserta Didik (Studi Multi Kasus SDIT Nuurusshiddiiq Dan SDIT Al-Furqon Muhammadiyah Kabupaten Cirebon). Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan dilapangan bahwa penerapan pendiidkan karakter saat ini sudah mulai dicanangkan oleh berbagai lembaga pendidikan dimulai dari tingkat paling dasar yakni sekolah dasar hingga menengah atas maka dari itu perlu sekali diteliti mengenai ketercapaian pada pelaksanaan penerapan pendidikan karakter tersebut. Guru Pendidikan Agama Islam mempunyai peran penting dalam langkah penanaman nilai-nilai karakter untuk menciptakan generasi penerus yang berakhlakul karimah, seorang pendidik dipercaya dan mampu untuk memberikan kontribusi pada masyarakat. Dalam pembelajaran di kelas, guru langsung berhadapan dengan sejumlah peserta didik yang semuanya memiliki karakter yang berbeda serta ingin diperhatikan. Peserta didik akan berkembang secara optimal melalui perhatian dan kepedulian guru yang positif. Sebaliknya perhatian yang negatif akan menghambat jalanya perkembangan peserta didik. Adapun tujuan dari penelitian ini yang pertama, mendeskripsikan nilainilai karakter yang ditanamkan guru pendidikan agama islam pada peserta didik di SDIT Nuurusshiddiiq Kabupaten Cirebon dan SDIT Al-Furqon Muhamamdiyah Kabupaten Cirebon. Kedua, mendeskripsikan strategi guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai-nilai karaker pada siswa di SDIT Nuruusshiddiiq Kabupaten Cirebon dan SDIT Al-Furqon Muhamamdiyah Kabupaten Cirebon. Ketiga, mendeskripsikan proses internalisasi nilai-nilai karakter pada peserta didik di SDIT Nuruusshiddiiq Kabupaten Cirebon dan SDIT Al-Furqon Muhamamdiyah Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pemaparan dari informan dengan temuan secara deksriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni dengan obervasi partisipan, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam penanaman nilainilai pendidikan karakter pada peserta didik, guru memiliki strategi yang khusus dengan cara mengaplikasikan perannya sebagai seorang pendidik, fasilitator, pengajar, pengembang kurikulum, agent of change, dan teladan dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter ke seluruhan mata pelajaran, ke dalam kehidupan sehari-hari, ke dalam program sekolah, dan membangun kerjasama antar sekolah dengan orang tua peserta didik. Pada proses internalisasi penanaman nilai-nilai karakter pada peserta didik dengan cara mengembangkan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik. Kata kunci : Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 03:44 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 05:37 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5351 |
Actions (login required)
View Item |