Signifikansi Proses Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik (Studi Kecenderungan Guru dalam Proses Mengajar dan Memberi Nilai pada Siswa di SD Negeri Karangbokong 03 Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes)

CASWORO, (2021) Signifikansi Proses Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik (Studi Kecenderungan Guru dalam Proses Mengajar dan Memberi Nilai pada Siswa di SD Negeri Karangbokong 03 Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (766kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (591kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (662kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK CASWORO, NIM 17086030006, Signifikansi Proses Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik (Studi Kecenderungan Guru dalam Proses Mengajar dan Memberi Nilai pada Siswa di SD Negeri Karangbokong 03 Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes) Proses belajar mengajar merupakan inti dari kegiatan pendidikan di sekolah. Agar tujuan pendidikan dan pengajaran berjalan dengan baik dan sukses, maka guru harus mampu memberikan dorongan kepada siswa untuk terus mengembangkan potensi yang dimilikinya. Melalui pembelajaran, siswa tidak hanya dituntut untuk unggul dalam aspek kecerdasan (kognitif) saja, akan tetapi siswa harus memiliki nilai moral yang baik dan juga keterampilan yang baik sebagai wujud dari hasil belajar yang telah diperoleh. Permasalahan saat ini masih banyak guru melaksanakan pembelajaran dengan tidak menyiapkan perencanaan pembelajaran. Berdasarkan latar belakang di atas, penulis melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengungkapkan bagaimana Signifikansi Proses Pembelajaran Dan Penilaian Berbasis Kecerdasan Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik (Studi Kecenderungan Guru dalam Proses Mengajar dan Memberi Nilai pada Siswa di SD Negeri Karangbokong 03 Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes), dengan tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui dampak proses pembelajaran dan penilaian yang tidak mengapresiasi kecerdasan kognitif, afektif, dan psikomotorik; (2) Untuk mengetahui manfaat proses pembelajaran dan penilaian yang berbasis kecerdasan kognitif, afektif, dan psikomotorik bagi perkembangan prilaku siswa. Penulis dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif. Jenis penelitian Kualitatif yang penulis gunakan adalah Studi Kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Informan peneliti adalah Pengawas PAI, Ketua KKG PAI, Kepala Sekolah, Dewan Guru di wilayah SDN Karangbokong 03 Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes Kesimpulan dari penelitian ini adalah di dalam proses pembelajaran dan penilaian yang berbasis kecerdasan kofnitif, afektif, dan psikomotorik, perlu terlebih dahulu yaitu penyusunan perencanaan pembelajaran, setelah itu melaksanakan program pembelajaran, tanpa adanya persiapan perencanaan pembelajaran tentunya sangatlah jauh dari harapan untuk tercapainya proses pembelajaran dan penilaian yang berbasis kecerdasan kogniti, afektif, dan psikomotorik. Serta dalam pemilihan mata pelajaran tidak semua memakai penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik. Penilaian yang sepenuhnya digunakan adalah pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, IPS, dan PKn, selebihnya terfokus pada penilaian aspek kognitif dan psikomotorik. Serta mempunyai manfaat khususnya bagi perkembangan dan tumbuhnya karakter siswa di dalam proses pembelajaran.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 15 Sep 2021 03:47
Last Modified: 15 Sep 2021 05:37
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5353

Actions (login required)

View Item View Item