Tatik Fitriyani, (2021) Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Ilmu Sosial Profetik Kuntowijoyo (Studi Kritis terhadap Pengembangan Kurikulum KKNI Program Studi PAI FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
COVER DLL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (800kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (436kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tatik Fitriyani :”Pendidikan Agama Islam dalam Perspektif Ilmu Sosial Profetik Kuntowijoyo (Studi Kritis terhadap Pengembangan Kurikulum KKNI Program Studi PAI FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon)” Pendidikan Agama Islam merupakan bidang ajaran kajian yang sangat penting dan memiliki peranan yang sangat vital dalam kehidupan manusia sebagai tata nilai, pedoman, pembimbing dan pendorong atau penggerak untuk mencapai kualitas hidup yang lebih layak dan kebahagiaan hidup dunia akhirat. Begitupun berbicara program studi PAI di perguruan tinggi yang selama ini dijadikan sebagai program studi yang menghasilkan sarjana pendidik agama islam tentu menjadi manusia yang memiliki peran untuk mentransfer hal-hal diatas sebagai tujuan pendidikan agama islam. Adanya peraturan yang menuntut bahkan mewajibkan pendidikan tinggi untuk mengembangkan kurikulum yang harus mengacu KKNI ini menjadi suatu hal yang dilematis. Tak terkecuali program studi PAI dilingkungan FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bagaimana tidak, jika PAI yang selama ini syarat akan nilai dan ditujukkan untuk mengembangkan dan menanamkan karakter serta kepribadian justru dengan KKNI diarahkan pada proses pembelajaran yang berorientasi dan didominasi aspek keterampilan. Hal ini dapat dilihat dari parameter utama KKNI, landasan filosofis progresivisme yang dianut KKNI dan kajian historis diberlakukannya KKNI. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis kritis terhadap Pendidikan Agama Islam Perspektif Ilmu Sosial Profetik Kuntowijoyo (Studi Kritis terhadap Pengembangan Kurikulum KKNI Program Studi PAI FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research) serta menggunakan pendekatan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum prodi PAI FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon dikembangkan sesuai dan telah mengacu KKNI. Profil lulusan dan capaian pembelajaran yang mengacu KKNI dalam kurikulum Prodi PAI FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon lebih didominasi pada capaian keterampilan kerja sebagai pendidik dan banyak diarahkan pada proses pembelajaran PAI. Sementara keterampilan dan kompetensi sosial tidak terdapat dalam capaian pembelajaran yang mengacu KKNI, ini berarti bahwa capaian pembelajaran tidak diarahkan kepada transformasi sosial sebagaimana semangat yang dibawa Ilmu Sosial Profetik Kuntowijoyo dalam Pendidikan Islam. Namun, pada capaian pembelajaran yang mengacu Standar Nasional Pendidikan Tinggi, keterampilan kerja tersebut diimbangi dengan kompetensi sosial dan bahkan diarahkan pada keikutsertaan peserta didik dalam kehidupan sosial masyarakat yang berarti semangat ISP dan ruh PAI masih terdapat didalamnya. Kata Kunci: PAI, Kurikulum KKNI, Ilmu Sosial Profetik Kuntowijoyo
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 15 Sep 2021 03:58 |
Last Modified: | 15 Sep 2021 05:38 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5355 |
Actions (login required)
View Item |