Makhmudah, (2021) KEBIJAKAN PENDIDIKAN KOLONIAL BELANDA DAN PENGARUH TERHADAP LAHIRNYA LEMBAGA PENDIDIKAN MASYARAKAT DI KOTA CIREBON PADA TAHUN 1900-1942. Bachelor thesis, IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
cover sd daftar isi.pdf Download (888kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (395kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (412kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Makhmudah. NIM 1608301018. KEBIJAKAN PENDIDIKAN KOLONIAL BELANDA DAN PENGARUH TERHADAP LAHIRNYA LEMBAGA PENDIDIKAN MASYARAKAT DI KOTA CIREBON PADA TAHUN 1900-1942. Skripsi. Cirebon. Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah. Sejarah Kebudayaan Islam. Institut Agama Islam. 2021 Perkembangan Pendidikan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan perkembangan masyarakat. Pendidikan sebenarnya tidak berdiri sendiri akan tetapi dipengaruhi oleh kekuatan pemerintahan kolonial Belanda pada masa pemerintahannya di Indonesia termasuk di Cirebon. Dengan dimulainya politik Etis (Politik Balas Budi) sekitah abad 20 M dimana pada zaman ini merupakan titik awal perkembangan pendidikan kolonial Belanda yang menerapkan kebijakan dalam pendidkan sehingga melahirkan lembaga-lembaga pendidikan ala Barat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan pemerintah kolonial Belanda dan pengaruhnya terhadap Lembaga Pendidikan masyarakat kota Cirebon. Penelitian skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu dengan menggunakan metode penelitian sejarah yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan peristiwa masa lalu. Metode tersebut dibagi menjadi empat tahap pertama, Heuristik yaitu tahap pengumpulan data, kedua kritik yaitu menelaah sumber yang telah dikumpulkan, ketiga Interpretasi yaitu menggabungkan data sehingga menjadi suatu keutuhan, keempat Historiografi yaitu penulisan dan telaah hasil dari penelitian. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa: pertama, kebijakan pemerintah Belanda yaitu mendirikan ELS (Eropa Legere school), HIS (Holand inlander school), HCS (Holand Chineeschool), Volkschool dan vervolgschool serta sekolah lanjutan MULO (Meer Uitgebreith Lager Onderwijks). Kedua, pengaruh kebijakan Kolonial Belanda terhadap lahirnya lembaga Taman Siswa, Al Irsyad, dan sekolah Muhammadiyah. Kata Kunci: Kebijakan, Pendidikan, Pengaruh
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sejarah > Sejarah Peradaban |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Sejarah Kebudayaan Islam |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 06:34 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 08:39 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5435 |
Actions (login required)
View Item |