Analisis Kesalahan Ejaan pada Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII MTs Ash Shiddiqiyyah Cirebon dan Pemanfaatannya sebagai Video Pembelajaran

Rikana Syafitri, (2021) Analisis Kesalahan Ejaan pada Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII MTs Ash Shiddiqiyyah Cirebon dan Pemanfaatannya sebagai Video Pembelajaran. Bachelor thesis, Tadris Bhs.Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
Cover Rikana.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Rikana.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Rikana.pdf

Download (700kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V Rikana.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA Rikana.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN Rikana.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada hasil tulisan teks cerita fantasi siswa ini masih ditemukan kesalahan penggunaan ejaan yang tidak sesuai dengan kaidah kebahasaan. Kesalahan penggunaan ejaan yang sering dilakukan siswa pada teks cerita fantasi berupa ketidaktepatan penggunaan tanda baca, penulisan huruf, dan penulisan kata. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan bentuk kesalahan ejaan dan pemanfaatannya sebagai video pembelajaran pada teks cerita fantasi siswa kelas VII MTs Ash Shiddiqiyyah Cirebon. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian deskriptif. Sumber data penelitian ini yaitu teks cerita fantasi siswa kelas VII MTs Ash Shiddiqiyyah Cirebon. Data penelitian ini berupa penggunaan ejaan pada teks cerita fantasi siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak bebas libat cakap dengan teknik lanjutan berupa teknik catat. Penelitian ini menggunakan instrumen pengumpulan data berupa pedoman dokumentasi dan lembar angket. Keabsahan data menggunakan uji reliabilitas berupa interrater dan intrarater Analisis data penelitian ini dilakukan dengan metode agih menggunakan teknik lanjutan berupa teknik ganti dan sisip. Hasil penelitian pada teks cerita fantasi siswa diperoleh data sebanyak 1.517 kesalahan, meliputi: (1) 308 kesalahan penggunaan tanda baca, (2) 916 kesalahan penulisan huruf, (3) 293 kesalahan penulisan kata, dan (4) tidak ditemukan kesalahan penulisan unsur serapan. Dengan demikian, banyaknya kesalahan penggunaan ejaan dapat dijadikan sebagai pemanfaatan teks cerita fantasi melalui video pembelajaran terkait penggunaan ejaan. Adapun hasil penilaian uji kelayakan oleh dosen pembimbing skripsi menunjukkan bahwa video pembelajaran sudah baik atau layak digunakan untuk pembelajaran teks cerita fantasi.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: H. Tohirin S.Ag
Date Deposited: 24 Sep 2021 09:48
Last Modified: 24 Sep 2021 09:48
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5510

Actions (login required)

View Item View Item