Konsep pendidikan Mental Spiritual Dalam Kitab Ihya „Ulumuddin Al-Ghazali

Anny Musta’inah, (2021) Konsep pendidikan Mental Spiritual Dalam Kitab Ihya „Ulumuddin Al-Ghazali. Masters thesis, Pendidikan Agma Islam PPS-IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
01 COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (775kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Anny Musta’inah : Konsep pendidikan Mental Spiritual Dalam Kitab Ihya „Ulumuddin Al-Ghazali. Penelitian ini membahas tentang kajian konsep pendidikan mental spiritual dalam perspektif kitab Ihya „Ulumuddin al-Ghazali dengan empat prinsip dasar teori pendidikan mental spiritual yang dibangun oleh Imam al-Ghazali yang meliputi : (1) Penanaman prinsip dasar ilmu dan akidah, (2) pembiasaan amalamal lahiriyah, (3) melatih diri dalam mensucikan diri dari akhlak tercela (tazkiyatun nafs), dan (4) pembiasaan dalam berperilaku mulia (ahlakul karimah). Tujuan penelitian ini adalah (1) mengidentifikasi konsep pendidikan mental spiritual yang terdapat dalam kitab Ihya „Ulumuddin al-Ghazali yang bermuara pada pendidikan ruhani (kejiwaan/spiritualitas), (2) menjabarkan metode dalam mendidik ruhani yang terdapat dalam kitab Ihya „Ulumuddin al- Ghazali, dan (3) signifikansi pendidikan mental spiritual dalam kitab Ihya „Ulumuddin Al-Ghazali terhadap generasi muda dalam upaya mewujudkan insan kamil (waladun shalih). Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan normative, Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan content analysis (kajian isi). Adapun tipe kajiannya bersifat deskriptif-analitik, yakni memaparkan dan menganalisis konsep pendidikan mental spiritual yang ada dalam kitab Ihya „Ulumuddin al-Ghazali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep pendidikan mental spiritual dalam kitab Ihya „Ulumuddin al-Ghazali adalah sebuah pendidikan jiwa manusia yang menitik beratkan kepada aspek ruhani/spiritual (ruh, qalb, aql, dan nafs), dengan tujuan mengajarkan aspek ruhaniah/spiritual ini agar berhubungan baik dengan Allah SWT, rendah diri dihadapan-Nya serta tunduk dan taat kepada manhaj-Nya, melalui ; pertama, penanaman prinsip dasar ilmu dan akidah. Kedua, pembiasaan amal-amal lahiriah. Ketiga, melatih diri dalam mensucikan diri dari akhlak tercela (tazkiyatun nafs). Keempat, membiasakan diri dalam berperilaku mulia (akhlakul karimah). Adapun signifikansi pendidikan mental spiritual dalam kitab Ihya „Ulumuddin al-Ghazali bagi generasi muda adalah upaya mewujudkan insan kamil (waladun sholih), yaitu anak yang memiliki kualitas iman (quwwatul „aqidah), kualitas ilmu pengetahuan (quwwatul „ilmi), tekun dalam beribadah (quwwatul „ibadah), dan berbudi pekerti mulia (ahlaqul karimah) yang keberadaannya mampu menebarkan keselamatan untuk semua (rahmatan lil „alamin) yaitu tercapainya kebaikan dunia dan akhirat (fi al-dunya hasanah wa fi viii al-akhiratihasanah). Kata Kunci : Pendidikan Mental Spiritual, Ihya „Ulumuddin, Al-Ghazali

[error in script]
Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Pendidikan Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 28 Sep 2021 01:28
Last Modified: 28 Sep 2021 01:46
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5538

Actions (login required)

View Item View Item