Pengaruh Pembelajaran Online (Daring) Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan BKI IAIN Syekh Nurjati Cirebon

RIDA NURFITRIA, (2021) Pengaruh Pembelajaran Online (Daring) Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan BKI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Bachelor thesis, Bimbingan Konseling Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurfitria, Rida: Pengaruh Pembelajaran Online (Daring) Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Jurusan BKI IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Pembelajaran secara online merupakan salah satu bentuk pembelajaran alternatif yang dapat dilaksasnakan selama masa darurat Covid-19 dan terdampak perubahan pola pembelajaran dari yang tatap muka menjadi online, dimana proses pembelajaran secara daring tentunya banyak hambatan-hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) proses pembelajaran online berdampak terhadap motivasi belajar mahasiswa jurusan bimbingan konseling islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon, 2) motivasi belajar pada mahasiswa BKI IAIN Syekh Nurjati Cirebon saat pandemi covid-19. 3) pengaruh pembelajaran online (daring) terhadap motivasi belajar pada mahasiswa BKI IAIN Syekh Nurjati Cirebon saat pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan metode pengolahan data yang digunakan peneliti adalah analisis regresi linier sederhana. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 65 responden yang diambil dari mahasiswa bimbingan konseling islam semester 2 tahun akademik 2020/2021. Data yang diperoleh adalah data primer yang merupakan hasil dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) mean dari pembelajaran online sebesar 62,72 yang berarti bahwa pelaksanaan pembelajaran online tergolong cukup tinggi, 2) mean dari motivasi belajar sebesar 27,26 bahwa motivasi belajar tergolong tinggi, dan 3) terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran online terhadap motivasi belajar. Hasil R square ditemukan bahwa pengaruh pembelajaran online terhadap motivasi belajar dapat dijelaskan sebesar 29,1%. Hal ini membuktikan bahwa pembelajaran online tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar. Kata Kunci : Pembelajaran Online, Covid-19, Motivasi Belajar.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Filsafat, Psikologi, Agama
Filsafat, Psikologi, Agama > Psikologi
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: tuti alawiyah alawiyah
Date Deposited: 29 Sep 2021 07:39
Last Modified: 30 Sep 2021 04:22
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5568

Actions (login required)

View Item View Item