Strategi Pemasaran Toko Citra Busana Jatiwangi Majalengka Dalam Meningkatkan Pelanggan (Perspektif Hukum Ekonomi Syariah)

Eka Andini, (2021) Strategi Pemasaran Toko Citra Busana Jatiwangi Majalengka Dalam Meningkatkan Pelanggan (Perspektif Hukum Ekonomi Syariah). Bachelor thesis, Hukum Ekonomi Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
18. SKRIPSI EKA ANDINI FIX-1-23.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. SKRIPSI EKA ANDINI FIX-24-43.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. SKRIPSI EKA ANDINI FIX-109-111.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
18. SKRIPSI EKA ANDINI FIX-112-116.pdf

Download (311kB) | Preview

Abstract

EKA ANDINI. 1708202145.STRATEGI PEMASARAN TOKO CITRA BUSANA JATIWANGI MAJALENGKA DALAM MENINGKATKAN PELANGGAN (PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH), 2021. Strategi pemasaran merupakan sebuah wujud kegiatan usaha melalui perencanaan, penentuan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa untuk memperoleh hasil yang optimal di bidang pemasaran.Dengan keadaan pasar yang semakin kompleks maka para pengusaha harus memiliki strategi pemasaran yang inovatif dalam mengelola suatu perusahaan.Seorang pengusaha dalam pandangan Islam bukan sekedar mencari keuntungan, melainkan juga keberkahan agar diridhoi oleh Allah SWT.Sehingga pemasaran Islami memiliki posisi yang strategis, karena pemasaran Islami merupakan strategi pemasaran yang didasarkan Al-Qur‟an dan sunah Rasulullah SAW. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Citra Busana, mengetahui pandangan hukum ekonomi syariah terhadap strategi pemasaran yang dilakukan oleh Toko Citra Busana, serta mengetahui kelebihan dan kekurangan dari strategi pemasaran yang diterapkan oleh toko Citra Busana. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dan data yang dikumpulkan pada penelitian ini menggunakan cara antara lain observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini yakni pertama,strategi pemasaran yang diterapkan oleh Citra Busana yaitu bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan tempat, serta pelayanan prima. Kedua,strategi pemasaran yang diterapkan oleh Citra Busana dikatakan sudah sesuai dengan perspektif hukum ekonomi syariah karena terdapat asas-asas hukum ekonomi syariah terkecuali asas musyarakah. Yang terkandung di dalamnya, yaitu asas mu‟awanah, manfaah, antaradhin, adamul gharar, musawah, ash-shidiq, hak milik, pemerataan, dan asas al-Bir wa al-taqwa.Ketiga,Citra Busana mempunyai kelebihan terhadap strategi pemasaran yang diterapkan yaitu tempat yang strategis, pelanggan yang loyal, menyediakan berbagai macam merk dari setiap produk.Namun, Citra Busana juga memiliki kekurangan pada strategi pemasarannya yaitu catatan keuangan masih manual, kurang adanya promosi secara terbuka, dan tempat yang kurang luas. Kata Kunci :Strategi, Pemasaran, Hukum Ekonomi Syariah

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Hukum Ekonomi Islam (Muamalah)
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 15 Oct 2021 02:59
Last Modified: 15 Oct 2021 02:59
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5677

Actions (login required)

View Item View Item