Pengaruh Labelisasi Halal Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon)

Eva Apipah, (2021) Pengaruh Labelisasi Halal Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mie Instan (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Syariah Dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon). Bachelor thesis, Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati.

[img]
Preview
Text
61. SKRIPSI EVA APIPAH 1608203005-1-31.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
61. SKRIPSI EVA APIPAH 1608203005-32-39.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61. SKRIPSI EVA APIPAH 1608203005-113-114.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
61. SKRIPSI EVA APIPAH 1608203005-115-120.pdf

Download (431kB) | Preview

Abstract

EVA APIPAH. NIM: 1608203005. “PENGARUH LABELISASI HALAL DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS SYARIAH DAN EKONOMI ISLAM IAIN SYEKH NURJATI CIREBON)”. Skripsi 2021 Mie instan adalah salah satu makanan cepat saji yang banyak digemari hampir setiap individu, mengkonsumsi mie instan sudah seperti gaya hidup yang mendarah daging bagi mahasiswa karena cita rasa yang bervariasi, praktis dalam penyajiannya dan iklan yang ditayangkan sangat gencar dan menggoda. Mie instan merupakan makanan instan yang berlabelisasi halal dari MUI, adanya logo labelisasi halal menjadikan kepastian hukum bagi calon konsumen. Padahal logo halal yang tercantum berukuran kecil dan berada disisi sudut kemasan yang seringkali tidak terlihat serta sering beredarnya isu negative mengenai kehalalan mie instan yang membuat sebagian orang ragu akan mengkonsumsi mie instan. Walaupun begitu, keputusan pembelian mahasiswa terhadap produk mie instan tetap tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh labelisasi halal yang tercantum pada kemasan mie instan dan promosi yang dilakukan oleh produsen terhadap keputusan pembelian produk mie instan pada mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon, baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel, data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang didapat dari angket/kuisioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 96 responden dengan ternik pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Analisis yang digunakan menggunakan uji regresi linier berganda dengan menggunakan program IBM SPSS Statistik 21. Berdasarkan analisis data yang dilakukan hasil penelitian memperoleh bahwa secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan antara labelisasi halal terhadap variabel keputusan pembelian produk mie instan karena nilai thitung > nilai ttabel (5,201> 1,290) dan nilai sig. < 0,05 yaitu 0,000. Untuk variabel promosi secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian produk mie instan karena nilai thitung> nilai ttabel (3,439> 1,290) dan nilai sig. < 0,05 yaitu 0,001. Pada uji simultan hasil menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel labelisasi halal dan promosi terhadap variabel keputusan pembelian produk mie instan karena nilai Fhitung> nilai Ftabel (31,492 > 2,36) dan nilai sig. < 0,05 yaitu 0,000. Dari hasil penelitian ini menunjukkan nilai adjusted R2 Square sebesar 0,391 atau 39,1%, sedangkan 60,9% dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian. Kata kunci: Label Halal, Promosi, Keputusan Pembelian

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: rosyidah rosyidah rosyidah
Date Deposited: 01 Nov 2021 01:27
Last Modified: 01 Nov 2021 01:27
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5741

Actions (login required)

View Item View Item