Yanuar Isyanto, (2021) Pemahaman Maqashid Syariah Dan Implementasi Etika Bisnis Islam Oleh Pedagang Di Pasar Kanoman Kota Cirebon Dan Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian Konsumen. Masters thesis, Ekonomi Syariah PPs-IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
01 Cover Lampiran Depan.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
02 BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
06 BAB V.pdf Download (741kB) | Preview |
|
|
Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (806kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Yanuar Isyanto, NIM: 17086050008, Pemahaman Maqashid Syariah Dan Implementasi Etika Bisnis Islam Oleh Pedagang Di Pasar Kanoman Kota Cirebon Dan Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian Konsumen Pemahaman akan pentingnya etika dalam melakukan bisnis sangat diperlukan dalam berhubungan dan membina bisnis kepada konsumen maupun sesama pelaku bisnis. Pemenuhan kebutuhan yang dalam Islam bertujuan dalam memelihara maqashid syariah, yaitu: agama, jiwa, akal, keluarga dan keturunan, dan harta. Al Ghazali berpendapat, “bahwa konsumen yang bertujuan untuk mencapai kesejahteraan (mashlahah) dengan melakukan dan pemeliharaan lima tujuan dasar (maqashid syariah), yang meliputi: agama (al-dien), jiwa (nafs), intelektual (aql), keluarga dan keturunan (nasl), dan harta (al-maal)". Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaplikasian dan menggali pemahaman tentang Maqashid Syariah dan Etika Bisnis Islam kemudian direlevansikan dengan Keputusan Pembelian Konsumen. Kedua aspek tersebut apakah memiliki pengaruh dengan Keputusan Pembelian Konsumen di Pasar Kanoman Cirebon. Penulis melakukan penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang bertujuan untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya tindakan, motivasi, persepsi, perilaku dan lainnya secara holistik atau bersifat keseluruhan. Penelitian lapangan ini dilakukan di Pasar Kanoman Kota Cirebon, peneliti memilih lokasi tersebut karena terletak dipusat Kota Cirebon dan memiliki sejarah keislaman Hasil penelitian ini adalah (1) Pemahaman maqashid Syariah dan etika bisnis islam sudah diimplementasikan oleh sebagian besar pedagang di pasar Kanoman, akan tetapi tidak memiliki pengaruh yang signifikan pada keputusan pembelian konsumen. (2) Pemahaman maqashid syariah tidak memiliki hubungan yang siginifikan dengan keputusan pembelian konsumen serta memiliki korelasi yang sangat lemah, tetapi hubungan kedua variabel tersebut bersifat searah, karena keputusan pembelian konsumen lebih menilai dari aspek harga, merek dan kualitas produk. (3) Etika bisnis islam memiliki hubungan yang signifikan dengan keputusan pembelian konsumen karena konsumen mengaggap tidak semua pedagang mengimplementasikan etika bisnis Islam, tetapi memiliki korelasi yang cukup dan hubungan kedua variabel tersebut bersifat searah. Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Etika Bisnis Islam, Maqashid Syariah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Pascasarjana > Program Magister > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | tuti alawiyah alawiyah |
Date Deposited: | 08 Nov 2021 06:18 |
Last Modified: | 08 Nov 2021 09:00 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/5846 |
Actions (login required)
View Item |