Siti Nur Habibah, (2022) Analisis Prinsip Ibnu Khaldun Dalam Menetapkan Harga Produk Pada Aplikasi Tukangsayur.Co. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (721kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (215kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (445kB) | Preview |
Abstract
SITI NUR HABIBAH. 1808203029, “ANALISIS PRINSIP IBNU KHALDUN DALAM MENETAPKAN HARGA PRODUK PADA APLIKASI TUKANGSAYUR.CO”, 2022. Di zaman modern ini banyak masyarakat yang melakukan semua kegiatan di dalam rumah. Mulai dari bekerja, berbelanja dan melakukan kegiatan lainnya. Masyarakat Indonesia banyak yang berpindah belanja dari pasar tradisional kepada pasar online atau market place. Masyarakat banyak yang ingin tau mengapa harga pada pasar online jauh lebih mahal dibanding pasar tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dari pertanyaan-pertanaan yang menjadi rumusan masalah: “Bagaimana prinsip Ibnu Khaldun dalam menetapkan harga produk pada aplikasi Tukangsayur.co?”. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan mengumpulkan data dengan cara mencari di jurnal, artikel, web dan skripsi. Penelitian ini tidak menggunakan wawancara dan observasi karena peneliti hanya menggunakan metode sekunder tidak menggunakan metode primer. Adapun hasil dari penelitian ini: 1.Penetapan harga produk pada PT. TukangSayur.co yaitu menggunakan prinsip kebebasan dalam menentukan harga dan menggunakan prinsip keadilan namun pada PT. TukangSayur.co tidak menggunakan prinsip tawar menawar karena PT. TukangSayur.co merupakan tempat penjualan online yang tidak menerapkan proses tawar menawar. Dengan menerapkan harga jual produk dengan nilai jual 10% diatas harga yang telah ditetapkan oleh mitra UMKM. PT. TukangSayur.co menggunakan konsep sharing economy untuk menciptakan value, kemandirian dan kesejahteraan dimanaa antara perusahaan dan mitra menerapkan sistem bagi hasil yang saling menguntungkan. Berdasarkan sistem bagi hasil, PT. TukangSayur.co akan mendapatkan 30% dari biaya pengiriman serta 40% dari keuntungan penjualan produk. Sedangkan mitra akan mendapatkan 70% dari biaya pengiriman, 60% dari keuntungan penjualan produk, dan 100% dari selisih harga dasar produk. Keuntungan perusahaan diperoleh langsung dan pemotongan deposit milik mitra yang tersedia didalam akun mitra agen TukangSayur.co. 2. Bagaimana kondisi aplikasi TukangSayur.co berdasarkan analysis SWOT? Hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan analisis SWOT yaitu PT. TukangSayur.co merupakan aplikasi sayur terbesar di Indonesia dengan cakupan wilayah yang luas dibandingkan dengan aplikasi lainnya. PT. TukangSayur.co memilki strategi dalam mengembangkan perusahaannya dengan cara melakukan analisis pasar guna meningkatkan performa aplikasi dan kontennya agar terus inovatif, murah, dan dapat menarik banyak konsumen. Kata Kunci : Harga, SWOT, Ibnu Khaldun dan TukangSayur.co.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 24 May 2022 07:27 |
Last Modified: | 24 May 2022 07:28 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/6566 |
Actions (login required)
View Item |