Azies Wahyu Erlangga, (2022) Pengaruh Digitalisasi dan Customer Relationship Management Terhadap Loyalitas Anggota Pada BMT NU Artha Berkah Kabupaten Cirebon Di Generasi Milenial. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
Cover.docx.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (696kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf Download (346kB) | Preview |
Abstract
AZIES WAHYU ERLANGGA. NIM. 1808203059, “PENGARUH DIGITALISASI DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT TERHADAP LOYALITAS ANGGOTA PADA BMT NU ARTHA BERKAH KABUPATEN CIREBON DI GENERASI MILENIAL”, 2022 Loyalitas Anggota merupakan bagian dari penggunaan berulang suatu produk secara konsisten oleh anggota. Loyalitas anggota itu sendiri sangat penting untuk sebuah perusahaan terutama pada lembaga keuangan non bank seperti BMT. Karena apabila anggota sudah loyal terhadap suatu perusahaan, maka anggota tersebut akan menggunakan produk dan jasa tersebut secara berulang dan mengakibatkan finansial perusahaan meningkat. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan rasa Loyalitas Anggota terhadap suatu perusahaan. Salah satunya yaitu dengan menggunakan sistem Digitalisasi. Digitalisasi merupakan pengelolaan kinerja perusahaan menggunakan penerapan teknologi secara digital. Selain menggunakan sistem digitalisasi, yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan Loyalitas Anggota yaitu dari segi pelayanan yang baik dalam artian pengelolaan hubungan yang baik (Customer Relationship Management) dimana kemampuan suatu perusahaan melayani setiap anggota sesuai dengan standar operasional perusahaan untuk kenyamanan anggotanya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu para anggota aktif pengguna produk dan jasa pada BMT NU Artha Berkah Kabupaten Cirebon dengan Jumlah 185 orang, pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rumus slovin dan telah ditentukan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 126 reponden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis statistik berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji model, dan uji hipotesis berupa uji t (parsial), uji F (simultan), dimana semua proses pengujian tersebut menggunakan aplikasi SPSS versi 18. Hasil penelitian ini menunjukan secara parsial tidak terdapat pengaruh dan signifikan antara variabel digitalisasi terhadap variabel loyalitas anggota dengan nilai thitung sebesar 0,200 yang mana < 1,657 (ttabel) serta pada nilai signifikansi sebesar 0,842 yang mana > 0,05. Kemudian terdapat pengaruh dan signifikan antara variabel customer relationship management terhadap variabel loyalitas anggota dengan nilai thitung sebesar 6,676 yang mana > 1,657 (ttabel) serta pada nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana < 0,05. Dan secara simultan variabel digitalisasi dan variabel customer relationship management berpengaruh terhadap variabel loyalitas anggota dengan nilai Fhitung sebesar 30,016 yang mana > 3,07 (Ftabel) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana < 0,05. Kata kunci: Digitalisasi, Customer Relationsip Management, dan Loyalitas Anggota.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 13 Jun 2022 06:02 |
Last Modified: | 13 Jun 2022 06:03 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/6848 |
Actions (login required)
View Item |