Indri Diyah Frianggi, (2022) Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Menjadi Nasabah Produk Pembiayaan Cicil Emas. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
COVER & HALAMAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (338kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (400kB) | Preview |
Abstract
INDRI DIYAH FRIANGGI, NIM: 1808203067, “PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENJADI NASABAH PRODUK PEMBIAYAAN CICIL EMAS (Survei Pada Bank Syariah Indonesia KC Cirebon Dr. Cipto)”, 2022 Promosi menjadi faktor paling penting dalam mempengaruhi keputusan nasabah karena promosi merupakan jenis komunikasi yang memberikan penjelasan serta meyakinkan nasabah terhadap jasa yang diberikan. Begitupun kualitas pelayanan merupakan hal yang sangat diperhatikan oleh nasabah dalam memilih produk. Emas merupakan logam mulia yang sangat diminati oleh banyak orang dan bentuk investasi yang memiliki resiko rendah. Namun, masih banyaknya masyarakat belum mengetahui produk cicil emas membuat jumlah nasabahnya masih terbilang sedikit. Dengan adanya promosi dan kualitas pelayanan yang baik diharapkan produk cicil emas dapat membantu masyarakat berinvestasi walaupun tidak memiliki modal yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah produk pembiayaan cicil emas Bank Syariah Indonesia KC. Cirebon. Cipto. Variabel dependen pada penelitian ini adalah Keputusan Menjadi Nasabah Produk Pembiayaan Cicil Emas (Y). sedangkan variabel independen pada penelitian ini adalah Promosi (X1), dan Kualitas Pelayanan (X2). Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah produk pembiayaan cicil emas yang berjumlah 180 nasabah. Sampel pada penelitian ini berjumlah 65 nasabah produk cicil emas dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu khusus untuk orang yang mengambil produk pembiayaan cicil emas pada Bank Syariah Indonesia KC Cirebon Dr. Cipto. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif. Metode analisis data menggunakan metode uji instrumen penelitian, analisis data, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda dan uji pengaruh individual dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 24. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel promosi secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah produk pembiayaan cicil emas nilai thitung > ttabel (6,265 > 1,669) dan Sighitung < Sigtabel (0,000 < 0,1). Pada variabel kualitas pelayanan secara parsial memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah produk pembiayaan cicil emas dengan nilai thitung > ttabel (3,901 > 1,669) dan Sighitung < Sigtabel (0,000 < 0,1). Secara simultan variabel promosi (X1) dan kualitas pelayanan (X2) berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah produk pembiayaan cicil emas (Y) dengan nilai Fhitung > Ftabel (39,105 > 2,39) dan Sighitung < Sigtabel (0,000 < 0,1), sedangkan nilai kontribusi sebesar 54,4% dan sisanya 45,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan, Keputusan Nasabah, Cicil Emas.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 22 Jul 2022 09:16 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 03:57 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7270 |
Actions (login required)
View Item |