Alih Kode dan Campur Kode pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTs Salafiyah Bode Kec. Plumbon Kab. Cirebon

Masfufah, (2022) Alih Kode dan Campur Kode pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di MTs Salafiyah Bode Kec. Plumbon Kab. Cirebon. Bachelor thesis, S1 Tadris Bahasa Indonesia IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
AWALAN DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAPUS.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Alih kode dan campur kode merupakan ruang lingkup kajian sosilolingusitik, alih kode berupa menggunakan bahasa lain untuk menyesuaikan diri sesuai dengan situasi partisipan, campur kode berupa menggunakan bahasa secara dominan yang mendukung suatu tuturan dengan menyisipkan bahasa lain. Penelitian ini membahas bentuk alih kode dan campur kode pada pembelajaran bahasa Indonesia di MTs Salafiyah Bode. Latar belakang berupa banyaknya siswa/i yang masih banyak menggunakan bahasa Jawa Cirebon pada saat di sekolah. Tujuan yang ingin dicapai yaitu menjelaskan bagaimana bentuk alih kode dan campur kode, serta mendeskripsikan faktor yang melatarbelakangi terjadinya alih kode dan campur kode. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini fokus pada bentuk alih kode dan campur kode serta faktor yang melatarbelakangi terjadinya alih kode dan campur kode. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan observasi dengan teknik dasar teknik sadap, teknik lanjutan pertama teknik simak bebas libat cakap, teknik lanjutan kedua teknik rekam, teknik lanjutan ketiga teknik catat. Instrument penelitian yang digunakan berupa pedoman wawancara dan instrument kartu data. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Teknik analisis data menggunakan metode padan, teknik yang digunakan adalah teknik pilah unsur penentu atau teknik PUP. Hasil penelitian ini terdapat bentuk alih kode dan campur kode pada pembelajaran bahasa Indonesia di MTs Salafiyah Bode, hal ini yang melatarbelakangi berupa pengaruh dari bahasa ibu, faktor lingkungan sekitar, terbiasa menggunakan bahasa ibu, menyesuaikan situasi, dan bentuk sopan santun.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 10. Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:07
Last Modified: 25 Jul 2022 03:19
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7283

Actions (login required)

View Item View Item