Rizqi Dea Fauziah, (2022) Pengaruh Literasi Keuangan Dan Persepsi Kemudahan Menggunakan Fintech Terhadap Minat Berinvesrasi Pada Produk Pasar Modal Syariah. Bachelor thesis, S1 Perbankan Syariah IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
1 Cover.pdf Download (15MB) | Preview |
|
|
Text
2 BAB I.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
6 BAB V.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (148kB) | Preview |
Abstract
RIZQI DEA FAUZIAH, NIM: 1808203066, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Persepsi Kemudahan Manggunakan Fintech Terhadap Minat Berinvestasi pada Produk Pasar Modal Syariah (Survey pada Masyarakat Perumahan Telaga Murni Cikarang Barat)” Perkembangan teknologi telah terjadi di segala aspek kehidupan, salah satunya adalah aspek perekonomian. Sebuah layanan keuangan berbasis teknologi hadir untuk memenuhi kebutuhan manusia. Hal tersebut juga diikuti dengan tersedianya berbagai informasi yang dapat menambah literasi keuangan dan membentuk persepsi kemudahan menggunakan masyarakat dalam melakukan aktivitas perekonomian, seperti berinvestasi di pasar modal. Pasar modal merupakan salah satu alternatif sumber permodalan bagi perusahaan sekaligus sebagai sarana investasi bagi para pemilik modal. Di Indonesia pasar modal syariah sudah berkembang cukup pesat apabila dilihat dari jumlah saham syariah yang beredar. Namun apabila dilihat dari jumlah investor pasar modal, jumlah nya masih sangat jauh dengan jumlah penduduk Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan dan persepsi kemudahan menggunakan fintech terhadap minat berinvestasi pada produk pasar modal syariah, dengan objek penelitiannya yaitu masyarakat perumahan telaga murni Cikarang Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan penyebaran kuisioner penelitian. Sampel pada penelitian ini adalah 100 responden masyarakat perumahan telaga murni Cikarang Barat. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis regresi linear berganda menggunakan bantuan software IBM SPSS versi 24. Hasil yang ditemukan pada penelitian ini yaitu secara parsial variabel literasi keuangan dengan nilai thitung sebesar 5,499 dan variabel persepsi kemudahan menggunakan dengan thitung sebesar 2,001 memiliki pegaruh yang positif dan signifikan terhadap minat masyarakat untuk berinvestasi. Lalu secara simultan variabel literasi keuangan dan persepsi kemudahan menggunakan bersama-sama mempengaruhi minat masyarakat untuk berinvestasi sebesar 52,1%, sedangkan sisanya 47,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci: Literasi, Persepsi, Fintech, Investasi.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | rosyidah rosyidah rosyidah |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 02:36 |
Last Modified: | 25 Jul 2022 02:36 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7287 |
Actions (login required)
View Item |