Fuad Assodiqi, (2021) Analisis Konten Pedagogis Buku Teks Biologi Kelas X Pada Pokok Bahasan Kingdom Protista. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (374kB) | Preview |
Abstract
Buku teks memiliki kedudukan sangat penting bagi suksesnya pelaksanaan pembelajaran. Permasalahan konsep materi pembelajaran sering kali berbeda dengan konsep yang ada. Buku teks yang digunakan terkadang begitu kompleks dan seringkali menggunakan bahasa yang sulit untuk dipahami sehingga siswa mengalami kesulitan untuk membangun pemahaman terkait materi yang sedang dipelajari. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan kualitas ketepatan konsep, ketepatan dengan tujuan kurikulum, keterbacaan teks, serta representasi visual buku teks biologi SMA kelas X pada pokok bahasan Kingdom Protista dari kurikulum berbeda. Buku teks yang dianalisis menggunakan buku penerbit Grafindo dengan kurikulum berbeda, yaitu KTSP 2006, Kuirkulum 2013, dan Kuirkulum 2013 Edisi Revisi 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis isi (content analysis), pendekatan deskriptif kualitatif, instrumen penelitian menggunakan protokol analisis isi yang sudah dibuat. Hasilnya tingkat ketepatan konsep pada ketiga buku sampel yang dianalisis memiliki atribut ketepatan konsep memadai (76%), atribut kritis (21%), dan tidak memadai (3%). Ketepatan kata kerja operasional dengan rumusan tujuan pembelajaran dari ketiga buku sama dan mendapat skor 1 kategori kurang, keseimbangan jenjang kognitif dengan rata-rata skor 1,67 kategori cukup, dan ketepatan materi dalam rumusan tujuan pembelajaran dari ketiga buku mendapat skor 3 kategori sangat baik. Tingkat keterbacaan isi dari ketiga buku sampel dengan kode teks terbanyak masuk pada daerah invalid, menunjukkan bacaan kurang baik karena tidak memiliki peringkat baca untuk peringkat manapun. Hubungan representasi visual dengan konten materi dari ketiga buku sampel kategori tertinggi ada hubungan, hubungan representasi visual dengan realitas kategori tertinggi pada metafora, dan fungsi representasi visual kategori tertinggi pada pemberi contoh.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 05:27 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 04:59 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7312 |
Actions (login required)
View Item |