Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choise Berbantukan ISPRING Suite 10 Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Materi Fungi

Indah Fitria Sari, (2021) Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choise Berbantukan ISPRING Suite 10 Untuk Mengukur Pemahaman Konsep Materi Fungi. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

[img]
Preview
Text
awalan dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab i.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab v.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
dapus.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan instrumen tes diagnostik two-tier multiple choice yang dikembangkan dalam mengetahui pemahaman konsep dan mengidentifikasi miskonsepsi pada materi fungi dan mengetahui apakah instrumen tes yang dikembangkan dapat mengidentifikasi pemahaman konsep dan miskonsepsi siswa pada materi fungi di SMAN 1 Dukupuntang. Langkah dalam melakukan penelitian atau proses pengembangan dilakukan mengikuti model pengembangan dari Sivasailam Thiagarajan yaitu model pengembangan 4D dengan tahapan utama yaitu Define atau disebut juga dengan pendahuluan, Design disebut dengan perancangan, Develop disebut dengan pengembangan, dan Disseminate disebut dengan penyebaran. Dalam penelitian ini tes diagnostik yang dikembangkan ialah tes diagnostik pilihan ganda dua tingkat atau disebut two-tier multiple choice yang terdiri dari soal pilihan ganda dan pilihan alasan dengan jumlah soal tahap awal 50 soal menjadi 35 butir soal. Presentase hasil penilaian validator ahli materi 68,75%, ahli evaluasi 67,5%, tanggapan guru 93,75%, serta tanggapan peserta didik 88%, sehingga produk dinyatakan layak. Penelitian diuji cobakan kepada siswa kelas XII yang terdiri dari 25 siswa untuk mengetahui keterbacaan soal. Serta kelas XI sebanyak 43 siswa untuk menganalisis miskonsepsi pada konsep fungi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui terdapat 35% siswa dalam kategori paham konsep, 31% siswa miskonsepsi, dan 30% siswa tidak paham konsep. Dan dalam uji coba yang dilakukan pada kelas XII dan XI perbedaan siswa yang paham konsep pada kelas XII sebesar 23% dan kelas XI sebesar 35%.

[error in script]
Item Type: Thesis (Bachelor)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi
Depositing User: Eka Cahya Nugraha
Date Deposited: 25 Jul 2022 06:44
Last Modified: 26 Jul 2022 05:03
URI: http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7324

Actions (login required)

View Item View Item