Nisriinaa Pumardanti, (2021) Analisis Muatan Pendidikan Karakter Pada Dokumen Kurikulum Biologi SMA. Bachelor thesis, S1 Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon.
|
Text
AWALAN DLL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (607kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
DAPUS.pdf Download (710kB) | Preview |
Abstract
Kemerosotan moral akhlak, etika dan menurunnya prestasi bangsa memberi sinyal elemen kuat bahwa bangsa ini sedang menghadapi persoalan yang semakin kompleks. Pendidikan budaya dan karakter adalah salah satu tawaran solusi untuk meminimalisasi dangkalnya pemahaman terhadap nilai-nilai luhur bangsa Indonesia. Pemerintah mempunyai kewenangan dalam menyoroti serta menanggapi pernyimpangan yang terjadi yang berhubungan dengan pendidikan karakter. Diantara kebijakan pemerintah adalah menyusun kurikulum sebagai pondasi dalam mengimplementasikan pendidikan. Setiap mata pelajaran terdapat nilai-nilai karakter yang dapat dikembangkan dan ditanamkan pada siswa tidak terkecuali biologi. dengan mempelajari biologi siswa dapat mengembangkan dan membentuk nilai-nilai karakter setelah melakukan proses ilmiah maupun proses pembelajaran biologi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui muatan pendidikan karakter berupa nilai-nilai karakter yang terkandung dalam KTSP, Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 Revisi Biologi SMA (2) Mengetahui intensitas muatan Pendidikan Karakter pada KTSP, Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 Revisi Biologi SMA dalam Tujuan Pendidikan Nasional dan (3) Mengetahui kekhasan nilai-nilai karakter biologi dalam KTSP, Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 Revisi Biologi SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif . Teknik pengumpulan data yang diambil oleh peneliti berupa Dokumen Kurikulum Biologi SMA kususnya Dokumen KTSP, Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 revisi. Instrumen penelitian yang digunakan ialah berupa protokol analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Nilai karakter yang muncull pada KTSP sebanyak 1 nilai karakter, nilai karakter yang terdapat pada Kurikulum 2013 sebanyak 100 kali nilai karakter, Kurikulum 2013 revisi sebanyak 108 kali nilai karakter; nilai karakter yang terdapat pada kurikulum 2013 revisi memiliki intensitas terdekat dalam tujuan pendidikan nasional sebesar 85 %. Kurikulum 2013 memiliki intensitas kedua terdekat dalam tujuan pendidikan nasional sebesar 67 % dan terakhir adalah KTSP yang terbilang hampir tidak memiliki keintensitasan dengan tujuan pendidikan nasional yaitu sebesar 1 %.. Kekhasan nilai karakter biologi pada KTSP hanya pada karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri yaitu nilai karakter kreatif. Pada kurikulum Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2013 Revisi terdapat nilai karakter religius yang merupakan karakter dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, nilai karakter mandiri, rasa ingin tahu, kreatif, jujur, disiplin, dan tanggung jawab merupakan karakter dalam hubungannya dengan diri sendiri, nilai karakter toleransi dan komunikatif merupakan karakter dalam hubungannya dengan sesama, dan karakter peduli sosial dan peduli lingkungan merupakan karakter dalam hubungannya dengan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Bachelor) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 5. Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Biologi |
Depositing User: | Eka Cahya Nugraha |
Date Deposited: | 25 Jul 2022 06:47 |
Last Modified: | 26 Jul 2022 05:04 |
URI: | http://repository.syekhnurjati.ac.id/id/eprint/7325 |
Actions (login required)
View Item |